Ngidam Adalah Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi Tertentu

ngidam

Ngidam umumnya dialami oleh wanita hamil dengan usia kandungan yang masih muda. Bumil ini kerap menginginkan makanan jenis tertentu, yang sering tidak pada tempatnya. Misalnya ingin makan rujak di waktu malam hari, atau ingin mangga muda padahal musim mangga sedang tidak terjadi.

Namun kondisi ingin makan sesuatu dengan sangat, ternyata tak melulu dialami oleh wanita hamil, kok. Anda pasti juga pernah mengalaminya, padahal tidak sedang hamil, bukan? Keinginan makan sesuatu ini bisa terjadi karena tubuh sedang kekurangan nutrisi tertentu.

Sinyal darurat bahwa tubuh kurang nutrisi jenis tertentu ini dijabarkan otak menjadi keinginan makan dengan kandungan jenis nutrisi yang dibutuhkan tersebut. Misalnya ngidam atau keinginan makan beberapa jenis makanan di bawah ini, beserta nutrisi yang dikandungnya seperti dilansir laman Mag for Women:

Ini sinyal tubuh kekurangan protein hewani. Dengan memenuhinya, masalah kurangnya protein bisa diatasi. Selain itu, bisa juga pertanda bahwa Anda sedang merasa tertekan dan kesepian serta rindu pada seseorang.

Artinya kadar gula sedang rendah, atau kondisi stres akibat kesepian. Bisa pula diartikan tubuh butuh mineral esensial seperti magnesium.

Nutrisi berupa kalsium dalam tubuh sedang kurang, sehingga otak memilih memperolehnya dari es krim. Bisa juga Anda sedang merasa tak nyaman atau sedih, dan melampiaskannya dengan es krim.

Tubuh kurang protein, karbohidrat, juga zat besi dan seng. Bisa juga karena lama tak mengonsumsi daging sehingga gigi mengirim sinyal ke otak bahwa butuh makanan selain sayur dan buah.

Ini pertanda Anda kurang serat serta zat cair. Jika Anda hamil, maka kondisi ini juga isyarat bahwa usus ingin bantuan untuk membuang racun yang menumpuk di pencernaan.

Advertisements
Ngidam Adalah Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi Tertentu | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better