Negara Eropa Diminta Boikot Piala Dunia 2018

Emblem Piala Dunia 2018 Rusia Resmi Dirilis

Negara-negara Eropa diminta oleh mantan ketua FA, David Bernstein untuk memboikot Piala Dunia 2018 di Rusia. Ancaman ini diserukan Bernstein setelah FIFA bersikukuh tidak ada yang aneh dalam penunjukan Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah dua edisi Piala Dunia berikutnya.

Inggris mengklaim sebagai salah satu pihak yang dirugikan oleh keputusan FIFA tersebut. Terutama karena mereka juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Tidak hanya Inggris yang gelisah, dunia juga mencurigai adanya suap terutama ketika Qatar yang tidak punya sejarah Piala Dunia menjadi tuan rumah tahun 2022. FIFA yang didesak banyak kalangan kemudian membuka investigasi yang dipimpin oleh Michael Garcia.

FIFA secara sepihak mengumumkan hasil investigasi itu: bahwa Rusia dan Qatar bersih dari upaya kotor menjadi tuan rumah Piala Dunia. Masalah kemudian muncul karena Kamis (13/11) Garcia yang memimpin investigasi, balik mempertanyakan pengumuman FIFA tersebut. Ia mengakui FIFA tidak mengemukakan semua temuannya.

Atas pernyataan Michael Garcia, David Bernstein yang pernah menjabat ketua FA bereaksi. Ia menyeru negara-negara Eropa untuk memboikot Piala Dunia 2018. Bagi Bernstein, tanpa partisipasi negara Eropa, Piala Dunia tidak akan bergairah, dan FIFA yang akan menanggung akibatnya.

Bernstein menegaskan selama FIFA tidak menerapkan reformasi, badan sepakbola dunia itu bagai organisasi totaliter ala Uni Soviet.
Saat ini kredibilitas sepakbola sangat tercemar di bawah rezim FIFA dengan ketua Sepp Blatter.
Ia berkata kepada BBC, “Pemilihan Qatar sebagai  tuan rumah Piala Dunia 2022 merupakan hal yang paling tidak beralasan dalam sejarah sepak bola.”

Advertisements
Negara Eropa Diminta Boikot Piala Dunia 2018 | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better