MUI Serukan Umat Indonesia Boikot FB Penista Agama

Facebook

Majelis Ulama Indonesia (MUI) serukan umat Indonesia untuk boikot FB yang menistakan agama. Aksi penistaan itu tidak menunjukkan bagaimana edukasi publik dan kemaslahatan umat.

Demikian kata Amisrsyah Tambunan, Wakil Sekeretaris Jendral MUI yang dikutip pernyataannya dari Republika. Gerakan boikot menurutnya bisa diambil sebagai bagian bentuk dari sikap kekecewaan. Ia berharap akun penistaan itu tidak mendapat respon dari warga.

Selain itu, Amisrsyah juga menghimbau agar masyarakat tidak menelan mentah-mentah dan mempercayai apa yang diinformasikan oleh akun tersebut. Mereka harus bersikap keras dan tegas menanggapi isu yang dilontarkan.

“Kita harus menggunakan perspetif melek media dan kritis media,” imbuhnya.

Dari konten yang diunggah terdapat indikasi kuat jika ada pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pengguna akun tersebut. Sebab, akun itu lakukan penghasutan pada matarakat untuk membenci agama tertentu.

“Ada indikasi kuat penghasutan dan provokasi,” tegasnya.

Pada mereka yang mengelola akun penistaan agama, Amisrsyah meminta agar memperhatikan pentingnya edukasi di media sosial. Ia juga mengingatkan adanya regulasi yang mengatur hal itu yakni UU ITE.

Sebagaimana diketahui belum lama ini akun yang dengan terang-terangan menghina agama tertentu. Di lain pihak, Kementerian Komunikasi dan Informatika angkat tangan menanggapi kasus itu.

Advertisements
MUI Serukan Umat Indonesia Boikot FB Penista Agama | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better