Motor Berbahan Bakar Elpiji Bisa Tempuh 300 Kilometer per Tabung 3 Kg

instalasi motor elpiji

Pemakaian bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan bermotor mampu menghemat pengeluaran biaya yang cukup signifikan. Berdasarkan studi yang dilakukan Universitas Surya di Tangerang, satu tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram (tabung melon) kalau dipadukan untuk menjalankan mesin motor, dapat dipakai untuk menempuh perjalanan hingga 300 kilometer. Murah bukan?

Hasil ini didapatkan setelah dilakukan pengujian dengan mengkonversi BBM pada motor Honda Beat dengan BBG. Konversi bahan bakar dilakukan dengan memakai converter kit. Dalam sesi uji coba jalanan, penggunaan gas sebagai energi bakar dipakai untuk perjalanan dari Jakarta menuju Denpasar pergi-pulang.

“Penggunaan elpiji pada sepeda motor dapat menghemat konsumsi energi bila dibandingkan dengan menggunakan bensin,” kata Arbi Dimyati, Peneliti Pusat Inovasi dan Sertifikasi Universitas Surya.

“Perhitungan dilakukan dengan asumsi sepeda motor pada umumnya memiliki perbandingan 1:40 atau satu liter untuk 40 kilometer,” tambahnya.

Pemakaian BBG yang jauh lebih hemat ini pastinya juga dapat menekan pengeluaran pemilik motor. Untuk menempuh 300 kilometer dengan BBM sekitar 7,1 atau sekira biaya Rp 48.750. Sementara dengan pemakaian gas hanya butuh pengeluaran Rp 15.000 untuk menempuh 300 kilometer.

Kelebihan BBG dibanding BBM terletak pada nilai oktannya. Untuk penggunaan elpiji, didapatkan nilai oktan 106. Sementara bilai oktan bensin hanya 88. Dengan begitu, Pemakaian BBG menjadikan pembakaran lebih sempurna dan ramah lingkungan. Biaya perawatan juga bisa ditekan karena mesin lebih bersih.

Advertisements
Motor Berbahan Bakar Elpiji Bisa Tempuh 300 Kilometer per Tabung 3 Kg | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better