Minum Kopi Dua Cangkir Per Hari Dapat Mencegah Kanker Payudara

ngopi sambil bersepeda

Dengan mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari, seseorang sudah mendapatkan manfaat kesehatan berupa terhambatkan pertumbuhan tumor dalam tubuh. Sementara bagi wanita, kebiasaan minum opi ini dikaitkankan dengan menurunnya risiko kanker payudara. Jika kanker tersebut telah diobati dan berhasil, kopi berfungsi untuk mencegah kekambuhan.

Hal ini terungkap dari penelitian yang menganalisa informasi gaya hidup dan data klinis dari sejumlah 1.090 pasien kanker payudara. Mereka kebanyakan diobati dengan obat bernama tamoxifen. Pada mereka yang mengonsumsi kopi ternyata ditemukan kondisi kesehatan yang lebih baik ketimbang pasien yang tidak meminumnya.

“Setidaknya dua cangkir kopi sehari memunculnya risiko kekambuhan hanya setengahnya pada mereka yang minum kopi dari yang kurang atau sama sekali,” kata Ann Rosendahl , peneliti dari Lund University di Swedia, seperti dikutip laman Times of India.

Peneliti juga menemukan bahwa mereka yang minum kopi dua cangkir sehari diketahui memiliki massa tumor yang lebih kecil dan hormone pemicu tumor yang lebih sedikit. Ini terlihat saat dilakukan diagnosis.

Peneliti menduga sel-sel kanker payudara beraksi terhadap zat dalam kopi, terutama kafein. Sel kanker tersebut berkurang pembelahannya dan meningkatkan kematian sel. Reaksi ini makin efektif dengan ditambah pemberian obat tamoxifen.

Advertisements
Minum Kopi Dua Cangkir Per Hari Dapat Mencegah Kanker Payudara | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better