Minum Kopi di Sore Hari Bisa Membuat Susah Tidur Malam

kopi pahit

Jika menginginkan tidur cukup di malam hari, sebaiknya menghindari minum kopi di waktu siang sampai malam hari. Waktu-waktu tersebut berpotensi memicu masalah gangguan tidur malam akibat pengaruh dari kafein yang dikonsumsi sebelumnya. Kafein akan membuat pikiran lebih segar di malam hari dan menyebabkan seseorang sulit tidur.

Hal ini disebutkan dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan Wayne Stat Eniversity di Michigan. Dalam temuannya peneliti mendapati bahwa minum satu cangkir kopi atau lebih sekitar enam jam sebelum tidur, memungkinkan seseorang berkurang satu jam di malam hari yang bisa dipakai untuk beristirahat. Namun dapat pula berkurangnya waktu tidur lebih dari satu jam tergantung kondisi tiap orang.

Pada studi ini dilibatkan sejumlah relawan yang diminta untuk mengonsumsi pil berisi kafein. Selama 4 hari, 12 relawan memakan tiga pil kafein dengan takaran 400 gram setiap hari. Jumlah ini setara minum kopi 2-3 cangkir. Dikutip dari Genius Beauty, sebuah pil dimakan enam jam sebelum tidur. Pil kedua dikonsumsi tiga jam sebelum tidur. Pil terakhir ditelan sebelum tidur. Selain itu, setiap hari dari salah satu pil kafein yang diberikan, diganti dengan pil plasebo yang tidak member efek apapun.

Dari pengamatan peneliti disimpulkan bahwa asupan kafein tertentu dapat mengakibatkan setidakny satu jam masalah pada waktu tidur. Mereka ada yang gelisah dan sulit untuk segera terlelap. Dari sini peneliti menyarankan agar minum kopi tidak dilakukan setelah pukul 5 sore atau waktu yang biasanya orang selesai bekerja.

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine.

Advertisements
Minum Kopi di Sore Hari Bisa Membuat Susah Tidur Malam | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better