Miliuner China Samakan Apple dengan NAZI, Mengapa?

Apple NAZI

Apple disamakan dengan NAZI oleh Jia Yueting, seorang miliuner China. Yang bersangkutan adalah pendiri situs video Leshi TV (LeTV) yang membandingkan Apple dengan NAZI Jerman yang dipimpin diktaktor Adolf Hitler. Apa alasannya?

Pada sebuah poster kartun bergambar Hitler, tampak sosok yang divisualisasikan sebagai Hitler melakukan hormat ala NAZI dengan amband merah tapi bukan berlogo NAZI melainkan buah apel terkoyak khas logo Apple.

Poster kartun tersebut berlatar belakang gambar pintu terbuka yang sebetulnya adalah bocoran ponsel pintar baru keluaran LeTV yakni X900. Poster ini dipublikasikan di akun Weibo milik Jia Yueting yang memiliki lima juta pengikut.

Tidak berhenti sampai di sini saja, poster tersebut pada bagian atas bertulis perbandingan ekosistem Android dan iOS yang disebut sebagai sumber daya kerumunan, kebebasan vs arogansi tirani. Jia Yueting beragumen jika pendekatan Apple di industri ponsel adalah sebagai bentuk sebuah penindasan.

“Di bawah rezim keangkuhan dominasi iOS yang dicintai sekaligus dibenci oleh para pengembang di seluruh dunia, kami selalu bertanya dengan hati-hati, apakah inovasi seperti ini tidak apa-apa?” kata dia.

Yueting juga menggambarkan Apple sebagai “kerajaan senja” sebuah perumpamaan untuk sesuatu yang mati dan gelap. Belum lama ini kampanye iklan Android oleh Google juga disinyalir sebagai bentuk sindiran terhadap Apple yang menggunakan binatang berpasangan. Kampanye tersebut ber-tagline:

“Bersama-sama, tak sama,” tulis iklan Android dari Google itu.

Advertisements
Miliuner China Samakan Apple dengan NAZI, Mengapa? | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better