Microsoft Perkenalkan Windows Apps, Nama Resmi Universal Apps

Windows AppsWindows Apps

Microsoft belum lama ini memeperkenalkan Windows Apps yang tak lain adalah nama resmi dari Universal Apps. Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini juga menjabarkan perbedaan antara Windows Apps dengan classic apps atau aplikasi desktop. Windows Apps ini akan menjadi platform aplikasi andalan untuk sistem operasi Windows 10.

Perusahaan tersebut juga mengungkapkan beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Windows Apps, salah satunya adalah dapat berjalan di semua varian sistem operasi Windows. Tak hanya itu, Windows Apps juga telah dioptimasi untuk input dengan layar sentuh. Windows Apps sendiri sebenarnya juga bisa dikatakan sebagai nama lain dari Metro Apps.

Dalam slide presentasinya, Windows Apps disebutkan dapat mengakses WinRT, COM, dan Win32 API dan hadir dengan antarmuka bergaya Metro. Ini berarti pengguna perangkat tablet, notebook, desktop, dan convertible dapat menjalankan Windows Apps ini.

Lalu apa bedanya Windows Apps dengan aplikasi klasik atau desktop? Perbedsaan yang paling terlihat adalah aplikasi desktop hanya berjalan di platform PC saja atau yang menggunakan basis arsitektur x86. Aplikasi desktop ini tak akan dapat berjalan di perangkat Windows dengan prosesor berbasis ARM, seperti tablet dan smartphone. Adobe Photoshop, Foobar2000, VLC Player, Notepad, dan Wordpad adalah contoh aplikasi desktop.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (26/03/2015), penamaan Windows Apps ini sebenarnya agak membingungkan karena sebelumnya nama Windows Apps ini identik dengan aplikasi desktop. Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan pengguna pada jajaran aplikasi modern Windows Apps dan sistem operasi Windows 10 yang akan dirilis tahun ini.

Advertisements
Microsoft Perkenalkan Windows Apps, Nama Resmi Universal Apps | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better