Meteor Leonid akan Hujani Bumi Awal Pekan Ini

Meteor

Hujan meteor akan kembali terjadi. Meteor Leonid akan ‘membasahi’ Bumi pada awal pekan ini. Space.com melaporkan jika fenomena alam tersebut akan belangsung pada Senin, 17 November 2014 yang akan mencapai puncaknya hari ini waktu Amerika.

Dengan demikian maka mereka yang ingin menyaksikan hujan meteor (Leonid) wajib memandang ke atas langit kisaran tengah malam Senin hingga Selasa waktu Amerika. Sayangnya, waktu tersebut jatuh pada siang hari esok Selasa (18/11) waktu Indonesia. Sehingga, kemungkinan besar tidak bisa terlihat di wilayah Tanah Air.

“Tahun ini, fenomena hujan meteor Leonid akan menyuguhkan sekitar 10 sampai 15 meteor yang jatuh setiap jamnya,” ungkap Kepala Departemen Meteor NASA, Bill Cook.

Yang jadi istimewa adalah, tahun ini merupakan puncak dari hujan meteor yang terjadi setiap puluhan tahun sekali. Biasanya, hujan meteor sekitar 100 meteor per jam. Kali ini, hujan meteor yang ada akan mencapai puncaknya dengan 1.000 atau lebih meteor per jam.

Puncak hujan meteor ini memang fenomena alam yang jarang terjadi. Tajun 2002 memang pernah terjadi dan setelah sekian tahun – selain esok – bakal kembali terjadi pada tahun 2034. Sedangkan hujan meteor Leonid atau sering disebut bintang jatuh ini muncul dari konstelasi bintang Leo.

Meteor-meteor tersebut merupakan bentuk debu dan bebatuan dari ekor komen Temple-Tuttle yang mengorbit Matahari setiap 33 tahun sekali. Di bulan November, Bumi melintasi pungi-puing peninggalan komet itu dan sebagian serpihan masuk ke atmosfir dengan kecepatan puluhan ribu mil per jam.

Advertisements
Meteor Leonid akan Hujani Bumi Awal Pekan Ini | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better