Meresahkan Warga, Situs Nikah Siri Diblokir Menkominfo

Nikah

Menkominfo Rudiantara mengaku telah memblokir situs nikah siri yang meresahkan warga. Hal tersebut ia kemukakan saat bersua dengan media dan netizen di Sasanti Restaurant di Yogyakarta pada Minggu (23/3) kemarin.

Dalam melakukan upayanya itu, Rudiantara langsung berkomunikasi dengab Menteri Agama Lukman Hakim. Keduanya berdiskusi membahas pemblokiran situs tersebut. Kini, situs nikah siri itu sudah diblokir dan tidak bisa dibuka kembali.

“Sudah, sudah diblokir kok (situs nikah siri). Coba saja buka, sudah nggak bisa,” kata dia mengutip Detik.

Menteri suksesor Tifatul Sembiring itu menghimbau warga untuk aktif dan waspada serta mengawasi situs yang dianggap bermuatan negatif. Bagi warga yang menjumpainya bisa melaporkannya ke Kominfo melalui surat elektronik di alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Amidhan Shaberah mengatakan jika nikah siri online tidak sama dengan perkawinan jarak jauh. Pernikahan jarak jauh lebih bisa diterima di mata Islam dibanding nikah siri daring.

“Kalau pernikahan jarak jauh itu resmi lewat KUA (Kantor Urusan Agama), cuma para mempelainya terpisah secara jarak karena alasan-alasan tertentu,” kata dia.

Ditambahkannya, pernikahan siri online masih belum jelas tafsirnya dalam Islam. Pernikahan ini bahkan cenderung dimanfaatkan untuk menutupi sebuah perkawinan. Sebab, wali dari mempelai perempuan dan saksi nikah bukan dari keluarga pengantin.

“Di mata pemerintah saja nikah siri melanggar undang-undang, apa lagi nikah sirinya online,” sambungnya mengutip Tempo.

Advertisements
Meresahkan Warga, Situs Nikah Siri Diblokir Menkominfo | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better