Mengonsumsi Apel dan Teh Hijau Bisa Mencegah Serangan Jantung dan Kanker

makan apel

Kebiasaan mengonsumsi apel dan teh hijau secara rutin diyakini dapat meningkatkan kualitas hidup. Keduanya dapat menurunkan risiko serangan jantung dan kanker. Menurut studi terbaru, hal itu disebabkan oleh kandungan polifenol di dalam keduanya yang diketahui dapat memblokir molekul kunci di tubuh yang berperan dalam menimbulkan aterosklerosis. Selain itu ditemukan zat antikanker yang melawan sel-sel tubuh yang perkembangannya abnormal.

Dikutip dari Times of India, aterosklerosis adalah faktor risiko yang memicu terjadinya serangan jantung, stroke, dan kematian. Aterosklerosis adalah peradangan yang terjadi pada pembuluh darah akibat penumpukan plak ateromatus. Jalur dalam pembuluh makin menyempit dan terjadi pengerasan pada dindingnya. Akibatnya aliran darah tidak lancar.

“Data ini menyediakan mekanisme masuk akal, yang menghubungkan senyawa bioaktif dalam makanan dengan efek menguntungkannya,” kata pemimpin penelitian Paul Kroon dari Institute of Food Research (IFR) di Inggris.

Selain itu, dalam tubuh tedapat faktor pertumbuhan endotel vaskuler (VEGF) yang menjadi pendorong pembentukan sel yang sakit pada pembuluh darah dengan proses angiogenesis. Hanya saja angiogenesis menjadi pemicu pengembangaan sel kanker, plak aterosklerosis, dan pecahnya plak. Hal tersebut dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Dalam studi ini, peneliti menemukan bahwa kandungan polifenol dari apel maupun teh hijau yang berupa procyanidin dan epigallocatechin gallate (EGCG) dapat menghambat sinyal penting dari pembentukan VEGF. Risiko serangan jantung, stroke, dan kanker dapat dikurangi.

“Jika efek ini terjadi di dalam tubuh juga, memberikan bukti yang sangat kuat untuk mekanisme yang menghubungkan diet polifenol dan efek kesehatan yang menguntungkan,” kata Kroon.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research

Advertisements
Mengonsumsi Apel dan Teh Hijau Bisa Mencegah Serangan Jantung dan Kanker | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better