Menggeliat Saat Bangun Tidur, Perlukah?

menggeliat

Bangun tidur memang paling enak menggeliat atau sering disebut juga mulet atau ngulet. Hal itu sekaligus bisa membuat otot-otot yang sebelumnya diam dan kaku, menjadi meregang. Tidak disarankan saat Anda baru bangun tidur langsung berdiri dari kasur dan berjalan. Hal itu berbahaya karena peredaran darah perlu waktu untuk menyesuaikan dari posisi tubuh tidur, ke posisi tubuh yang berdiri.

Selain itu otot dan tulang pinggul juga dapat cedera apabila Anda mendadak berdiri dan berjalan seusai bangun tidur, tanpa peregangan dan duduk dahulu sejenak.

“Langsung bangun dari kasur usai tidur bisa mengalami masalah seperti kaku atau cedera di daerah pinggul. Hal ini bisa berlangsung sesaat maupun berminggu-minggu,” jelas Urip Herdiman, seorang terapis Yumeiho seperti dikutip dari laman Liputan6.

Mengulet perlahan, dengan gerakan kepala menoleh ke kanan, lalu ke kiri dan ke atas. Kemudian meregangkan otot tubuh sedikit, jangan terlalu ekstrem saat menggeliat.

Kemudian duduk sejenak di tepi tempat tidur untuk memberi kesempatan pada aliran darah menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Kemudian baru bangkit dan berjalan. Ini pun membantu mencegah mata berkunang-kunang dan pusing saat bangun terlalu cepat.

Menggeliat saat bangun tidur bisa disebut juga peregangan atau pemanasan, jika memakai istilah olahraga. Jadi perlu dilakukan untuk menambah kesegaran dan kesiapan tubuh yang hendak beraktifitas kembali.

Advertisements
Menggeliat Saat Bangun Tidur, Perlukah? | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better