Mengenal Lebih Dekat Samsung Galaxy Fame GT-S6810

SilangHati.com – Samsung sepertinya akan semakin optimis untuk dapat mempertahankan pada posisi puncaknya dengan selalu meluncurkan produk terbaru ke pasaran. Beragam seri Galaxy dari seluruh segmen, mulai dari kelas bawah hingga premium, tentunya dapat menjadi pilihan yang menarik bagi calon konsumennya.

Pada kelas menengah ke bawah, Samsung meluncurkan Galaxy Fame. Samsung Galaxy Fame dibanderol dengan harga di bawah Rp 2 juta. Smartphone ini dibekali dengan sistem operasi Android v4.1.2 Jelly Bean yang disertai dengan beragam fitur yang cocok untuk pengguna muda.

Desain

Samsung Galaxy Fame GT-S6810

Bagi yang telah terbiasa mencoba beragam ponsel Android, khususnya seri Galaxy dari Samsung, maka Anda akan langsung dapat menebak bahwa Galaxy Fame adalah smartphone kelas menengah bawah. Namun bagi kebanyakan pengguna, mungkin banyak yang mengira bahwa Samsung Galaxy Fame tergolong smartphone dengan harga yang cukup mahal dan termasuk ke dalam kelas Galaxy S3 Mini. Kombinasi antara kelir putih pada bodi bagian sisi depan dan belakang yang dipisahkan dengan lis berwarna perak keemasan telah berhasil membuat Samsung Galaxy Fame tampak lebih mahal dari harganya.

Bagian atas layarnya tidak hanya tersedia kamera depan saja, tetapi juga dua buah sensor yang dapat membantu smartphone untuk mengenali cahaya di lingkungan sekitarnya, sekaligus secara otomatis mematikan layar ketika mendekatkannya ke telinga saat ada telepon. Samsung masih menyediakan tombol Home atau Beranda pada bagian bawah layarnya dalam rupa fisik yang berada diantara tombol sentuh sensitif Opsi di sebelah kiri serta Kembali di kanannya. Dua tombol tersebut mempunyai lampu latar sehingga Anda dapat lebih mudah untuk mengaksesnya di tempat gelap. Tombol fisik lainnya yaitu tombol daya pada bagian sisi kanan dan volume di sebelah kirinya.

Samsung Galaxy Fame GT-S6810 tampak samping

Sedangkan pada belakang Samsung Galaxy Fame terdapat speaker eksternal, lensa kamera, serta lampu kilat. Samsung Galaxy Fame menghadirkan slot microSD yang bersifat hot swap saat Anda membuka casing bagian belakang dengan menggunakan kuku melalui celah kecil yang berada di bagian sisi atas. Hal tersebut menandakan bahwa Anda dapat mengganti microSD card tanpa harus mematikan ponsel dan melepas baterainya terlebih dahulu.

Fitur

Menu Samsung Galaxy Fame GT-S6810 Tampilan antarmuka Galaxy Fame juga sangat bercita rasa Samsung karena smartphone ini memang tetap menggunakan TouchWiz UI seperti pada ponsel Galaxy lainnya. Untuk dapat masuk ke dalam menu, Anda hanya perlu menyentuh simbol persegi 4×4 di bagian pojok kanan bawah dari layar Beranda. Posisi tombol tersebut tidak dapat diubah. Lain halnya dengan tiga tombol di sampingnya yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Tampilan layarnya juga cukup cerah namun tidak begitu istimewa mengingat harga yang ditawarkannya. Di dalam menu telah tersedia beragam fitur serta aplikasi yang ditawarkan Samsung Galaxy Fame. Seperti halnya peramban internet Chrome, ChatON yang merupakan aplikasi messenger bawaan Samsung, Memo, Dropbox tempat untuk menyimpan data di awan, Navigation, QuickOffice, Game Hub dengan layanan yang telah tersedia di Indonesia, Radio FM yang tetap mengandalkan handsfree sebagai antena, Samsung Apps, S Planner atau kalendar untuk mengatur beragam jadwal, Talk, hingga Google Settings. Deretan aplikasi bawaannya secara keseluruhan termasuk cukup berguna.

Layar Kalender Samsung Galaxy Fame GT-S6810 TouchWiz versi terbaru juga dapat memberikan akses ke beragam fitur melalui layar penguncian. Secara default, tiga fitur tersebut yaitu akses cepat ke ChatON, pencarian Google, serta kamera. Samsung Galaxy Fame memang ditujukan untuk anak muda, sehingga pada paket pembelian Samsung Galaxy Fame tersedia kupon Garskin gratis untuk mempersonalisasi tampilan fisiknya. Anda tinggal menginstal aplikasi khusus yaitu FameSkin melalui Samsung Apps. Kemudian, pilih desain yang diinginkan dan stiker dengan gambar pilihan nantinya akan dikirimkan ke alamat Anda dalam 5 hingga 7 hari kerja. Namun, aplikasi tersebut masih belum tersedia saat mencarinya di Samsung Apps maupun Google Play Store.

Performa

Saat melakukan navigasi di atas layar yang mempunyai respons hingga 5 titik sentuh sekaligus, Samsung Galaxy Fame dapat menjalankanya dengan lancar tanpa adanya hambatan. Hal yang sama juga terjadi saat mengetik menggunakan keyboard virtualnya, meski ini sebenarnya tergantung pada kebiasaan penggunanya. Hal tersebut tentunya disebabkan karena Samsung telah membekali Galaxy Fame dengan prosesor 1GHz serta RAM 445MB sehingga kinerjanya tidak terasa berat. Meski termasuk ke dalam smartphone kelas menengah ke bawah, namun Samsung Galaxy Fame mampu menjalankan game Real Racing 3 yang mempunyai beban grafis tergolong berat, meski performadan tampilannya memang kurang sempurna.

Untuk mengujinya secara teknis, akan digunakan sejumlah aplikasi benchmark. Berdasarkan hasil pengujian Quadrant Standard Edition, Samsung Galaxy Fame memperoleh skor sebesar 1052 yang menempatkannya pada posisi ketujuh berada satu tingkat di atas HTC Desire HD dan di bawah LG Optimus 2X. Sementara AnTuTu hanya memberikan poin sebesar 4714 kepada Samsung Galaxy Fame yang menempatkannya di posisi kedua dari bawah dan di atas kakaknya yaitu Samsung Galaxy Nexus. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Vellamo yang mampu mengukur kemampuan browsing internet, Samsung Galaxy Fame memperoleh poin sebesar 1224.

Samsung Galaxy Fame menggunakan pemutar musik yang merupakan bawaan dari Google sehingga fitur yang ditawarkannya termasuk standar, seperti antarmuka dengan tampilan album art dari lagu yang dijalankan serta beragam pilihan ekualiser pada Play Music. Suara yang dihasilkannya juga terbilang oke dan cukup bertenaga saat didengarkan baik melalui headphone ataupun speaker eksternal yang berada pada bagian sisi belakangnya. Anda dapat memainkan ekualisernya untuk dapat memperoleh hasil terbaik.

Pemutar videonya justru masih belum berhasil saat digunakan untuk menjalankan file video beresolusi tinggi, baik HD ataupun Full HD. Hal tersebut dirasa cukup wajar karena layar Samsung Galaxy Fame hanya memiliki resolusi 320×480 piksel saja. Video yang dapat dihasilkan dari kamera Samsung Galaxy Fame juga hanya sekedar VGA 640×480 pixel. Saat memutar video dari YouTube, Samsung Galaxy Fame untungnya cukup dapat diandalkan.

Terkait dengan kamera, performanya termasuk cukup oke di kelasnya. Terlebih Samsung Galaxy Fame telah disertai dengan lampu kilat yang dapat membantu Anda untuk memotret pada kondisi cahaya temaram. Fitur yang ditawarkannya mencakup pilihan ISO atau kepekaan terhadap cahaya. Agar pengambilan foto dapat lebih mudah, Anda dapat mengaturnya pada posisi otomatis.

Baterai Samsung Galaxy Fame GT-S6810

Samsung Galaxy Fame dibekali dengan baterai yang hanya berkapasitas 1300mAh saja. Meski performanya tidak begitu menguras daya, namun penggunaan Samsung Galaxy Fame secara terus menerus seperti terhubung ke Internet, bermain game, dan menelpon mampu membuatnya bertahan hingga 10 jam. Hal tersebut rasanya cukup wajar untuk sebuah ponsel Android.

Kesimpulan

Smartphone Android di kelas 1 hingga 2 juta rupiah memang menjadi segmen yang sangat menggiurkan bagi para vendor. Sebagai pemimpin pasar, tidak lah heran apabila Samsung meluncurkan Galaxy Fame dengan banderol harga yang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan pesaing yang mempunyai spesifikasi serupa. Namun, kombinasi antara performa oke, desain menarik, serta hasil foto menawan yang dimilikinya tampaknya mampu menarik minat para pembeli yang menginginkan smartphone Android dengan ukuran imut dan tidak terlampau mahal. Tentunya apabila Anda mampu menerima kualitas layarnya yang terbilang standar. Anda dapat membeli Samsung Galaxy Fame dengan harga Rp1.999.000.

Kelebihan

  1. Desain menarik.
  2. Kamera disertai dengan lampu kilat.
  3. Performa keseluruhan termasuk baik.
  4. Bonus voucher Garskin pada paket pembeliannya.

Kekurangan

  1. Kapasitas baterai relatif kecil.
  2. Lapisan kaca layar mudah kotor oleh sidik jari.
  3. Aplikasi FameSkin belum tersedia.
  4. Tak ada handsfree dalam paket pembelian.
  5. Kualitas layar biasa saja.

Spesifikasi Samsung GALAXY Fame

Layar                 : 3.5 inci, TFT 256 ribu warna, 320 x 480 piksel.
Sistem Operasi  : Android v4.1 Jelly Bean.
Prosesor           : 1GHz single core.
Memori               : internal 4GB, RAM 512MB.
Kamera              : 5MP, 2592 ? 1944 piksel, autofocus, lampu kilat LED.
Baterai               : Li-Ion 1300mAh.
Dimensi              : 113.2 x 61.6 x 11.6mm.
Bobot                 : 120.6 gram.

Advertisements
Mengenal Lebih Dekat Samsung Galaxy Fame GT-S6810 | admin | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better