Mengenal Lebih Dekat Samsung ATIV Book 9 Plus

Para produsen laptop sepertinya mulai berlomba – lomba dalam menghadirkan laptop dengan layar resolusi tinggi setelah Apple meluncurkan teknologi retina display di laptop Macbook miliknya. Hal tersebut juga berlaku pada Samsung yang siap berkompetisi dengan menghadirkan laptop generasi terbaru yang memiliki layar super tajam bernama Samsung ATIV Book 9 Plus.

Samsung Ativ Book 9 Plus Tertutup

Konsep Desain Samsung ATIV Book 9 Plus

Desain Samsung ATIV Book 9 Plus tetap mempertahankan konsep minimalis ultrabook premium Samsung Series 9. Ultrabook tersebut dibekali dengan bodi alumunium setebal 13,6mm serta bobot sekitar 1,39 kg yang tidak akan membuat tas Anda terasa berat saat bepergian.

Port konektivitasnya juga tersusun dengan sangat baik pada bagian kiri dan kanan bodinya. Semua port konektivitas miliknya sangat mudah untuk dijangkau serta tidak saling mengganggu satu sama lain. Namun, sejumlah port konektivitas hanya dapat digunakan dengan bantuan adapter khusus untuk tetap mempertahankan kelangsingan bodinya.

Pada sebelah kiri bodi Samsung ATIV Book 9 Plus tersedia port listrik, mini HDMI, USB 3.0, serta port ethernet. Sementara pada bagian kananya terdapat audio jack 3.5mm serta port USB 3.0.

Tampilan Samsung Ativ Book 9 Plus

Tren layar laptop beresolusi tinggi sepertinya juga berdampak pada Samsung ATIV Book 9 Plus ini. Layar sentuh Samsung ATIV Book 9 Plus yang berukuran 13.3-inci hadir dengan resolusi 3200×1800 pixel, jauh di atas resolusi Full HD. Anda bisa melihat jelas layarnya dari beragam sisi karena penggunaan teknologi panel PLS yang telah dikembangkan oleh Samsung. Visual yang ditampilkan layar Samsung ATIV Book 9 Plus juga sangat baik dan tajam serta warna yang dihasilkan terlihat relatif akurat. Saat digunakan untuk memutar video 4K, visual yang dihasilkan laptop ini sangat memukau.

Performa layar sentuhnya saat merespon sentuhan jari juga sangat baik. Dengan dukungan rancangan engsel yang kokoh, maka jari Anda akan mampu melakukan navigasi pada Windows 8 dengan mulus. Bagian layar Samsung ATIV Book 9 Plus juga dipercantik dengan desain bingkai yang tipis. Pada bagian sisi atasnya tersedia sebuah webcam HD untuk melakukan video chat.

Keyboard Samsung Ativ Book 9 Plus

Sebagai alternatif layar sentuh, telah disediakan touchpad mouse dengan ukuran cukup besar dan sangat responsif untuk mengenali sapuan jari. Sedangkan untuk mengetik, disediakan keyboard bergaya chicklet yang dilengkapi degan lampu backlit. Semua tombol keyboard notebook ini memang tampak hampir rata dengan bodi. Namun saat digunakan, tombol keyboard-nya ternyata termasuk nyaman untuk digunakan dan tidak membuat tangan menjadi cepat lelah saat digunakan untuk mengetik dalam waktu yang lama.

Performa Samsung ATIV Book 9 Plus

Spesifikasi Samsung Ativ Book 9 Plus

Samsung ATIV Book 9 Plus didukung oleh prosesor Intel Core i5-4200U 1,60 GHz yang dikombinasikan dengan RAM DDR3 4GB. Saat digunakan untuk urusan komputasi sehari – harinya, Samsung ATIV Book 9 Plus termasuk sangat memadai dengan performa yang begitu baik dalam menjalankan Windows 8.1. Saat melakukan multitasking, lag juga tidak akan terasa. SSD sebesar 128GB termasuk relatif standar. Namun dengan menggunakan SSD, Samsung ATIV Book 9 plus mampu melakukan booting serta resume dengan sangat cepat dari kondisi sleep.

Meski tidak dirancang untuk memainkan game dengan visual berat, namun Samsung ATIV Book 9 Plus masih bisa digunakan untuk menjalankan konten multimedia beresolusi Full HD dengan tampilan sangat tajam karena resolusi layarnya yang tinggi. Kualitas suara yang dihasilkan speakernya juga cukup baik meski terasa kurang bertenaga.

Samsung ATIV Book 9 Plus juga mempunyai sistem pendinginan yang tergolong cukup baik. Saat digunakan dengan maksimal, panas pada bagian bawah bodi Samsung ATIV Book 9 Plus masih termasuk normal. Kinerja kipas pendinginnya juga relatif senyap. Satu hal yang menarik dari Samsung ATIV Book 9 Plus yaitu daya tahan baterainya. Samsung ATIV Book 9 Plus juga dapat digunakan selama 6 jam dengan pengaturan 80% brightness, power plan balanced, Wi-Fi aktif, sembari browsing dan mengetik dokumen. Untuk menjalankan konten Full HD dengan durasi 2 jam 30 menit, Wi-fi sktif, serta brightness 100%, maka baterainya masih tersisa 41% dari 100%.

Kesimpulan

Performa komputasi yang sangat baik dengan baterai tahan lama membuat Samsung ATIV Book 9 Plus cocok digunakan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi. Samsung ATIV Book 9 Plus dibanderol dengan harga yang premium yaitu sekitar Rp 16.999.0000. Namun, layar yang istimewa serta desain eksklusifnya cukup sepadan dengan harga yang ditawarkannya.

Spesifikasi Samsung ATIV Book 9 Plus

Prosesor       : Intel Core i5-4200U @1.6GHz (2.3 GHz Turbo).
Layar            : Layar sentuh PLS Panel 13.3-inci 3200×1800 pixel, 10 titik multi touch.
OS                : Windows 8.
Kapasitas     : SSD 128GB.
GPU              : Intel HD 4400.
RAM              : 4GB RAM DDR3.
Konektivitas  : 2 x USB 3.0, HDMI, VGA, Ethernet.
Dimensi         : 12.58 x 8.78 x 0.54 inci.
Bobot            : 1.39 kg.

Advertisements
Mengenal Lebih Dekat Samsung ATIV Book 9 Plus | admin | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better