Mengenal Lebih Dekat Samsung ATIV Book 9 Lite

SilangHati.com – Notebook dengan desain tipis hingga kini memang masih tetap menjadi idaman bagi para konsumen. Konsep Ultrabook milik Intel juga sebenarnya banyak diminati, namun produk tersebut dibanderol dengan harga yang cukup tinggi sehingga seringkali menjadi sebuah penghalang. Dengan menghadirkan konsep baru, Samsung menawarkan ATIV Book 9 Lite yang mempunyai desain tipis menawan, namun dengan harga terjangkau.

Konsep dan Desain

Samsung ATIV Book 9 Lite

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, Samsung ATIV Book 9 Lite sepertinya masih mengadaptasi garis desain lini notebook premium milik Samsung sebelumnya. Perbedaan yang paling terlihat terletak pada bahan bodi yang tidak menggunakan alumunium, melainkan plastik. Penggunaan bahan plastik memang sangat diperlukan untuk memangkas harga serta menjaga bodinya agar tetap ringan. Namun bagi Anda yang ragu akan ketahanan fisiknya, Samsung ATIV Book 9 Lite sebenarnya tetap terasa kokoh, meski hanya setipis 16,9mm. Samsung ATIV Book 9 Lite juga telah disertai dengan layar 13,3 inci beresolusi HD 1366×768 pixel. Samsung ATIV Book 9 Lite menyediakan dua versi layar yaitu layar sentuh dan biasa non sentuh. Kualitas layarnya juga termasuk cukup baik serta nyaman untuk dipandang, baik di dalam maupun luar ruangan.

Samsung ATIV Book 9 Lite tampak depan

Saat digunakan untuk mengetik, notebook langsing ini dibekali dengan keyboard bermodel chicklet yang memiliki jarak antar tombol keyboard cukup pas. Penempatan tombol tersebut mampu meningkatkan akurasi pengetikan menggunakan 10 jari jika dibandingkan dengan jarak tombol yang agak rapat. Sama halnya dengan sebagian besar laptop tipis lainnya, tombol pada keyboard juga hampir rata terhadap bodinya sehingga terasa kurang nyaman saat digunakan untuk mengetik dalam waktu yang lama. Trackpadnya dihadirkan dengan ukuran yang cukup besar. Hal tersebut tentunya menjadi nilai tambah Samsung ATIV Book 9 Lite, karena trackpad yang berukuran besar justru dapat menjalankan fungsi gesture Windows 8 dan melakukan navigasi dengan lebih nyaman.

Port konektivitas yang disediakan juga cukup lengkap serta dposisikan dengan sangat baik pada bagian samping kiri dan kanan bodi. Karena Samsung ATIV Book 9 Lite memiliki ketebalan yang langsing, maka terdapat sejumlah port konektivitas yang perlu digunakan dengan bantuan converter. Port konektivitas pada Samsung ATIV Book 9 Lite terdiri dari micro HDMI, port USB 3.0, USB 2.0, port audio, port VGA, port LAN, serta slot pembaca kartu memori SD. Kelengkapan port dan konektvitasnya secara keseluruhan termasuk cukup lengkap untuk sebuah notebook tipis.

Fitur dan Performa

benchmark Samsung ATIV Book 9 Lite

Samsung ATIV Book 9 Lite dibekali dengan prosesor quad-core khusus yang dipesan langsung oleh Samsung dari AMD. Prosesor tersebut dapat berjalan dengan kecepatan 1.4Ghz serta telah didukung oleh RAM sebesar 4GB serta chip grafis AMD Radeon HD 8250. Saat digunakan sehari – hari, spesifkasinya termasuk memadai untuk kebutuhan komputasi seperti halnya mengetik naskah, browsing Internet, menyunting foto, bahkan bermain game 3D. Bagi anda yang senang membuka sejumlah aplikasi sekaligus, maka Samsung ATIV Book 9 Lite dapat menjalankannya dengan cukup baik untuk melakukan multitasking. Namun, performa Samsung ATIV Book 9 Lite saat memainkan game hanya dapat menjalankannya pada tingkat pengaturan grafis minimum saja. Karena Samsung memang tidak mendesain ATIV Book 9 Lite untuk menjadi laptop gaming, namun laptop ini setidaknya akan dapat menjalankan game meski tidak begitu mulus. Saat digunakan untuk bermain game Tomb Raider, Samsung ATIV Book 9 Lite baru mampu menjalankannya dengan cukup lumayan pada setting grafis terminim. Sementara saat digunakan untuk bermain game sepakbola Pro Evolution Soccer 2013, performanya justru lebih menggembirakan.

Terdapat satu fitur khusus yang notebook Samsung miliki yaitu SideSync. Dengan menggunakan fitur ini, perangkat smartphone Samsung akan dapat dihubungkan ke laptop ini untuk melakukan multitasking. Fitur SideSync memang sangat berguna karena dapat memindahkan file dari laptop ke smartphone atau sebaliknya dengan mudah. Anda bahkan dapat menjalankan smartphone Galaxy menggunakan mouse dan keyboard melalui notebook.

Cara penggunaan SideSync juga sangat mudah. Anda tinggal menghubungkan Samsung ATIV Book 9 Lite dan smartphone Samsung pada jaringan yang sama atau bisa juga melalui kabel. Kemudian, jalankan lah aplikasi SideSync pada kedua perangkat tersebut. Saat akan melakukan navigasi pada smartphone menggunakan mouse dan keyboard memang terkadang mengalami lag namun masih tergolong cukup wajar dan dapat digunakan. Satu kekurangan lainnya adalah SideSync yang hanya terbatas bisa digunakan pada smartphone merk Samsung saja.

Samsung ATIV Book 9 Lite dan HP

Tidak hanya dapat berbagi keybaord dan mouse, SideSync juga menghadirkan fitur Screen Sharing yang bisa digunakan untuk menyajikan layar smartphone pada layar PC. Namun, untuk mengoperasikan fitur Screen Sharing ini, Anda perlu menggunakan kabel USB sebagai penghubungnya.

Jika dilihat dari performa baterainya, Samsung ATIV Book 9 Lite mampu menemani aktivitas mengetik sembari browsing dalam waktu sekitar hampir 4 jam dengan pengaturan gelap terang layar sebesar 50 persen. Sementara untuk kebutuhan multimedia seperti menonton film berformat HD1080p, maka baterainya masih mampu bertahan hingga sekitar 2 jam.

Kesimpulan

Samsung terbukti jeli dalam melihat peluang di pasaran dengan meluncurkan ATIV Book 9 Lite. Apabila notebook tipis dengan harga terjangkau sebelumnya hadir dengan layar berukuran 11 inci yang relatif kecil, namun Samsung memiliki gagasan untuk menghadirkan notebook tipis yang mempunyai desain keren tetapi berukuran 13,3 inci yang cukup lega. Performanya memang terbilang cukup baik dengan daya tahan baterai yang cukup oke untuk aktivitas sehari – hari yang tidak begitu berat. Kebanyakan orang mungkin akan mengeryitkan dahi saat mengetahui bahwa harganya cukup terjangkau. Ada satu alasan yang cukup kuat untuk hal itu. Hingga saat ini, sepertinya notebook dengan SSD 128GB dan OS Windows 8 asli belum ada di pasaran yang dijual di kisaran 7 juta rupiah.

Samsung ATIV Book 9 Lite full

Bagi Anda yang mengutamakan desain fisik pada sebuah notebook dengan performa yang cukup oke serta harga relatif terjangkau, maka Samsung ATIV Book 9 Lite patut untuk menjadi pertimbangan.

Spesifikasi ATIV Book 9 Lite

Layar            : 13,3 inci (touchscreen dan non-touch) dengan resolusi 1366 x 768 pixel.
Prosesor       : Quad Core Processor 1.4 GHz.
Grafis           : AMD Radeon HD 8250 Shared.
RAM              : 4GB.
SSD              : 128GB.
Webcam       : 720p HD.
Warna           : Ash Black/White.
Konektivitas  : 1xUSB 3.0, 1xUSB 2.0, micro HDMI, mini VGA, RJ45(Dongle), HP/Mic, 3 in 1 Card Reader.
Baterai          : 8,5 jam.
Dimensi         : 324x224x16.9mm (Non-Touch)/17.4mm (Touch).
Bobot            : 1.44Kg(Non-Touch)/ 1.58Kg(Touch).

Advertisements
Mengenal Lebih Dekat Samsung ATIV Book 9 Lite | admin | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better