Mengenal Batu Pirus dan Cara Melihat Keasliannya

batu pirus

Batu pirus, atau disebut turquoise, adalah salah satu batu mulia yang memiliki tingkat kekerasan mencapai 5-6 skala Mohn. Tidak heran jika pirus menjadi salah satu koleksi oleh penggemarnya. Memang pirus tidak semahal permata murni karena posisinya hanya permata kelas 3. Di Indonesia harganya masih bisa dijangkau kantong yakni mulai Rp 20 ribu sampai Rp 500 ribu. Harga mentahnya sebelum diolah sekitar Rp 4.000 per gram.

Batu pirus kerap diikutkan dalam pembuatan cincin, kalung, gelang, hingga liontin. Tidak jarang dipakai pada selop dan kepala ikat pinggang. Batu pirus yang memiliki harga terbaik adalah pirus Persia. Warnanya biru atau hijau, namun tidak memiliki sebaran jalur. Hanya saja, jika pirus sudah berbentuk perhiasan lebih sulit untuk membedakan yang asli dan palsu.

Ternyata pirus memiliki cerita mitologi. Kabarnya bagi suku Puak Red Indian, pirus diletakkan di busur panah agar ketika dipakai untuk memanah dapat tepat sasaran. Sementara itu, bagi suku Inca kuno dan Mesir, pirus dipakai untuk membuat indah penampilan mayat bangsawan sebelum dikebumikan. Ada pula yang menjadikan batu ini sebagai jimat karena diyakini membantu pikiran lebih rileks dan menghindari kebingungan. Tapi, apapun terkait kepercayaan terhadap pirus, perlu dipahami bahwa ini hanyalah batu biasa.

Batu pirus asli kebanyakan berwarna biru akibat kandungan tembaganya yang tinggi. Semakin banyak tembaganya, birunya semakin kuat. Namun ada pula pirus yang punya variasi warna meski sedikit. Kalau pirus kebanyakan kandungan besinya, maka warnanya lebih mendekati hijau. Batu pirus memiliki warna biru sampai ke dalamnya sekalipun batu tersebut pecah. Namun pirus yang palsu warna birunya hanya ada di luarnya saja dan tidak sampai ke dalam.

Advertisements
Mengenal Batu Pirus dan Cara Melihat Keasliannya | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better