Mencari Laptop Harga 5 Jutaan? Lenovo IdeaPad S405 Saja

Pada umumnya, laptop memang memiliki desain yang tebal. Namun saat ini, laptop telah berevolusi menjadi bentuk dan bobot yang lebih ringan agar semakin mudah untuk diajak bermobilitas. Setelah meluncurkan Lenovo IdeaPad S400 dan IdeaPad S300 pada tahun 2012 lalu, Lenovo saat ini menambah lini IdeaPad S-series dengan menawarkan laptop langsing kembali yaitu Lenovo IdeaPad S405.

Desain

Lenovo IdeaPad S405 diluncurkan sebagai pilihan alternatif dari Lenovo IdeaPad S400. Jika dilihat dari segi desain, keduanya masih terlihat identik dan tidak tampak adanya perbedaan. Lenovo IdeaPad S405 hadir dengan layar WXGA berukuran 14-inci yang memiliki kualitas tidak jauh berbeda dengan layar IdeaPad S400. Akurasi warna serta ketajaman layarnya juga termasuk cukup baik dan nyaman untuk dilihat dari sudut pandang yang tepat. Jika diilihat dari samping kiri atau kanan, Lenovo IdeaPad S405 terlihat sama seperti kebanyakan laptop lain, namun gambarnya agak terlihat buram.

Lenovo IdeaPad S405

Di dalam kemasan bodinya yang terbilang langsing, port konektivitas Lenovo IdeaPad S405 termasuk cukup lengkap dengan peletakkan yang sangat baik dan mudah untuk dijangkau. Di bagian samping kiri bodinya terdapat port USB 3.0, port Ethernet, port HDMI, serta tombol One Key Recovery. Sementara pada bagian samping kanan bodinya tersedia 2 port USB 2.0, lubang jack audio 3,5mm slot kartu memori SD, dan lubang AC adapter.

Keyboard Lenovo IdeaPad S405 Hitam

Untuk kenyamanan dalam mengetik, Lenovo masih menggunakan desain tombol keyboard Accutype yang sering dijumpai pada seri IdeaPad milik Lenovo. Trackpad Lenovo IdeaPad S405 juga sangat responsif akan sentuhan jari. Mengetik di atas keyboard Lenovo IdeaPad S405 memang terasa cukup nyaman. Untuk memenuhi kebutuhan gaming, keyboard Lenovo IdeaPad S405 ternyata juga masih cukup nyaman saat digunakan dan tidak membuat jari menjadi cepat lelah.

Performa

Meski mempunyai desain yang serupa, namun spesifikasi Lenovo IdeaPad S405 jelas sangat berbeda dengan S400. Lenovo membekali IdeaPad S405 dengan platform AMD. Sehingga prosesor yang digunakan ialah prosesor APU AMD A8-4555M berkecepatan 1.60 Hhz. Ukuran RAM serta ruang penyimpanan yang ditawarkannya masih sama dengan Lenovo IdeaPad S400 yakni RAM sebesar 4GB DDR3 dan hard disk berkapasitas 500GB. Hal yang paling menarik dari Lenovo IdeaPad S405 adalah kartu grafis tambahan AMD Radeon HD7450 1GB yang digunakan untuk menangani sektor grafisnya.

Pada penggunaan sehari – hari, Lenovo IdeaPad S405 dengan prosesor APU AMD A8 ini mampu menampilkan performa komputasi yang sangat baik dan cukup memadai untuk memnuhi kebutuhan browsing, multimedia, serta membuat dokumen. Membuka sejumlah program sekaligus serta banyak tab saat melakukan browsing juga tidak terlalu menurunkan performanya secara signifikan.

benchmark-cinebench Lenovo IdeaPad S405

Dukungan kartu grafis AMD Radeon HD7450 1Gb mampu membuat laptop sanggup untuk diajak bermain game berat. Misalnya saja, game Tomb Raider yang dapat dijalankan dengan mulus pada pengaturan normal dan resolusi penuh. Game tersebut masih nyaman untuk dimainkan pada pengaturan normal tanpa terasa adanya lag yang berarti. Saat setting dinaikkan menjadi ke high, kualitas grafisnya memang tampak lebih baik, namun frame ratenya semakin menurun meski masih nyaman untuk dijalankan. Saat digunakan untuk bermain game bola PES 2013 pada pengaturan normal, Lenovo IdeaPad S405 juga masih sanggung menjalankannya tanpa adanya masalah yang berarti.

Lenovo IdeaPad S405 juga didukung dengan fitur Dolby Sound. Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan memperoleh hasil suara yang lebih baik ketika menggunakan Lenovo IdeaPad S405 untuk menonton koleksi film HD atau bermain game, terlebih jika dilengkapi dengan headphone atau speaker yang baik. Pada pengujian normal dan tidak digunakan untuk bermain game, baterai Lenovo IdeaPad S405 masih dapat bertahan hingga 4 jam dengan skema penggunaan terhubung ke WiFi, melakukan kegiatan browsing, mengetik, serta mendengarkan musik.

benchmark dari Lenovo IdeaPad S405

Sementara fitur tambahan lainnya masih sama dengan Lenovo IdeaPad S400. Anda akan tetap dapat menikmati berbagai fitur tambahan seperti halnya Lenovo OneKey Recovery, Lenovo Veriface, Lenovo Quicskstart, Lenovo EE Boot Optimizer yang digunakan untuk mempercepat waktu booting laptop, serta Lenovo Energy Management yang penting untuk merawat dan melakukan pengaturan pada baterai. Beragam fitur tersebut tentu saja hanya dapat dinikmati apabila Anda menggunakan Windows 7/8 sebagai sistem operasinya.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, Lenovo IdeaPad S405 yang dibesut dengan kisaran harga Rp 4,999 juta ini bisa menjadi sebuah laptop yang dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan kerja atau bermain game, meski pengaturan grafisnya masih harus dibatasi pada setting yang paling rendah hingga menengah. Bagi Anda yang sedang menginginkan laptop dengan kinerja multimedia yang cukup serta harga terjangkau, maka Lenovo IdeaPad S405 patut untuk dipertimbangkan.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad S405

Prosesor         : AMD APU Quad Core A8-4555M 1,6GHz.
RAM                : 4 GB DDR3.
HDD                 : 500 GB 7200rpm.
Layar              : 14 inci HD LED.
Chip Grafis      : AMD Radeon 7600 HD Graphics ATI Seymour XT HD7450.
Web Camera   : 0.3 Megapixel.
Konektivitas    : Wireless LAN IEEE 802.11b/g/n dan Bluetooth v4.0.
Bobot              : 1,8 kg.
Dimensi           : 268 x 168 x 24,4 mm.

Advertisements
Mencari Laptop Harga 5 Jutaan? Lenovo IdeaPad S405 Saja | admin | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better