Menara Eiffel Ulang Tahun ke-126, Dirayakan di Google Hari Ini

Menara Eiffel Ulang Tahun ke-128, Dirayakan di Google Hari Ini

Menara Eiffel resmi dibuka untuk umum pada 31 Maret 1889 atau tepat 126 tahun lalu. Kini, Google turut merayakan ulang tahun simbol Prancis yang dirancang oleh Gustave Eiffel tersebut dengan gambar animasi unik yang menampilkan kerja keras pembangunan menara bersejarah tersebut. Ada sekian banyak kisah yang sudah terekam sejarah di Menara Eiffel.

Ide pembangunan Menara Eiffel tercetus oleh pemerintah Perancis yang kala itu ingin mengenang 100 tahun Revolusi Prancis (1799). Mereka berambisi untuk membuat sebuah monumen penting yang akan menjadi ikon Prancis di tingkat dunia. Jadilah, kompetisi desain monumen digelar yang berujung pada kemenangan Gusvate Eiffel.

Awal pendirian menara tersebut mendapatkan cibiran. Bukan hanya karena struktur menara yang tidak kokoh. Bangunannya dianggap akan ‘mengotori’ pemandangan Paris yang indah. Namun Gustave Eiffel pantang menyerah dan mampu merampugnkan tugasnya hanya dalam waktu dua tahun.

Meskipun secara keseluruhan Menara Eiffel bisa dirampungkan pada 31 Maret 1899, ada bagian yang telewatkan, yaitu lift. Pengerjaannya belum selesai di hari pembukaan. Gustave Eiffel yang pantang menyerah, bersama beberapa rekannya mendaki tangga menara lantas mengibarkan bendera Perancis di struktur tiang bendera di puncak.

Keberhasilan pembangunan Menara Eiffel kala itu membuatnya melewati Washington Monument sebagai bangunan ciptaan manusia tertinggi di dunia. Ketinggian Eiffel mencapai 324 meter atau setara dengan 1063 kaki. Rekor bangunan tertinggi ini bertahan selama 41 tahun hingga akhirnya dikalahkan oleh Chrysler Building pada 1930.

Hari ini Google merayakan ulang tahun pembukaan Menara Eiffel dengan sebuah doodle karya Floriane Marchix. Dalam doodle tersebut, digambarkan para pekerja yang sangat ceria untuk memberikan sentuhan terakhir bagi bangunan bersejarah tersebut. Sebuah persembahan istimewa untuk menara yang sudah dikunjungi lebih dari 250 juta orang itu.

Advertisements
Menara Eiffel Ulang Tahun ke-126, Dirayakan di Google Hari Ini | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better