Memakai Kacamata Oranye Membantu Memudahkan Tidur Malam

kacamata orange

Untuk mendapatkan tidur nyenyak bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata berwarna oranye beberapa jam sebelum tidur malam. Menurut penelitian terbaru dikatakan, kacamata oranye mampu memblokir panjang gelombang cahaya tertentu dari layar elektronik yang dapat mengganggu siklus tidur. Inilah yang kemudian mempermudah seseorang memperoleh tidur nyenyak di malam hari.

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Adolescent Health itu menemukan, kacamata oranye dapat menghambatkan masuknya cahaya biru yang memengaruhi terhambatnya produksi hormon melatonin di malam hari. Saat melatonin terbentuk, maka seseorang menjadi mudah mengantuk dan tertidur pulas.

Dalam penelitian ini dilibatkan 13 remaja pria di Swiss yang diminta memakai kacamata oranye. Mereka diminta untuk berinteraksi di depan layar perangkat elektronik seama beberapa jam sebelum waktu rata-rata orang untuk tidur. Mereka dipantau selama masa pengujian.

Hasilnya, mereka yang memakai kacamata oranye lebih sedikit kemasukan cahaya biru ke dalam mata. Kacamata ini mampu menyaring secara signifikan spectrum tersebut sehingga produksi melatonin tidak terhambat.

Cahaya biru menjadi masalah dalam kehidupan modern saat ini sebagai pengganggu tidur. Orang-orang yang sebelum tidur bermain dengan ponsel atau berlama-lama di depan layar monitor cenderung sulit mengantuk. Mereka seakan lebih gampang terjaga dan akhirnya mengambil waktu tidurnya di tengah malam.

Advertisements
Memakai Kacamata Oranye Membantu Memudahkan Tidur Malam | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better