Memakai Hands Free Saat Mengemudi Mengganggu Konsentrasi

menyetir

Memakai hands free kala sembari mengemudikan mobil ternyata sama berbahayanya seperti menerima panggilan ponsel secara langsung lewat gadget. Kedua metode penerimaan telepon itu memiliki efek yang serupa dalam mengalihkan konsentrasi. Inilah yang kemudian membuat pengemudi memiliki risiko cukup tinggi untuk mengalami kecelakaan kurang waspada menghadapi kondisi jalanan.

Studi yang dilakukan Universitas Utah dan lembaga penelitian AAA menemukan kaitan ini. Dikutip Detik Oto dari CNN, penggunaan hands free dinilai sangat mengganggu pengemudi. Pikiran pengemudi kurang bisa mendeskripsikan kondisi di depannya sehingga respons untuk mengambil keputusan menjadi lebih lambat.

“Sebab, banyak pengemudi yang kehilangan konsentrasi. Tidak fokus,” kata Bob Darbelnet, C hief Executive AAA.

Bahkan, kata peneliti, banyak pengemudi yang memanfaat hands free diketahui lebih cuek terhadap sinyal lampu dari traffic light. Mereka juga menjadi kurang peka terhadap keberadaan para pejalan kaki dan kendaraan lain di sekitarnya.

Saat ini banyak pula mobil yang sudah disematkan fitur hands free. Tujuannya memudahkan pengemudi menerima panggilan telepon. Produsen mobil boleh menyebutnya sebagai fitur yang menambah kenyamanan dan keamanan berkendara. Namun dengan adanya temuan ini, perlu dipikirkan ulang jika ingin memanfaat fitur tersebut sembari mobil melaju.

“Sekarang kami mengerti kekurangan dari produk ini, mungkin tidak sengaja menyebabkan gangguan kognitif yang lebih besar,” kata Darbelner.

Paling aman untu menerima panggilan kala berkendara adalah menepikan kendaraan. Dengan berhenti sejenak dan menyelesaikan urusan lewat ponsel, jauh lebih meminimalkan risiko kecelakaan di jalan raya.

Advertisements
Memakai Hands Free Saat Mengemudi Mengganggu Konsentrasi | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better