Masker Oksigen Dalam Pesawat Ternyata Tidak Berisi Oksigen Sungguhan

masker oksigen

Di dalam pesawat terbang disediakan masker yang letaknya di atas kursi penumpang. Setiap penumpang mendapat jatak satu unit. Biasanyanya masker ini dipakai ketika terjadi perubahan tekanan udara secara mendadak. Tahukah Anda? Sekalipun sering disebut masker oksigen, isi di dalamnya bukanlah udara oksigen .

Bukan udara oksigen langsung yang dihirup lewat masker ini. Tetapi, pada masker terdapat bahan-bahan kimia seperti berklorat dan besi oksida yang saling tercampur ketika masker ditarik. Bahan-bahan ini diletakkan pada generator oksigen yang ada di atas kepala penumpang. Dari percampuran bahan-bahan inilah kemudian terjadi reaksi kimia.

Oksigen yang dihirup dari penumpang berasal dari reaksi kimia tersebut. Selanjutnya oksigen dapat dihirup dan ruang di atas kepala memanas. Sehingga jangan heran kalau ditemukan seperti bau terbakar.

“Ketika Anda menarik ke bawah, itu akan menghasilkan bau seperti terbakar. Seperti menyalakan oven baru,” kata Arch Carson, ahli kesehatan Universitas Texas, seperti dikutip laman Okezone.

Penumpang akan nyaman dengan oksigen buatan tersebut. Kadang terhirup pula sebagian kecil dari debu kimia. Tapi menurut Carson, hal tersebut jauh lebih baik ketimbang menghindari oksigen sehingga menjadi pingsan. Kemampuan masker menyuplai oksigen sekitar 12-20 menit. Waktu tersebut cukup untuk pilot mengendalikan pesawat demi mendapatkan ketinggian yang tepat.

“Pilot bisa menurunkan ketinggian lebih cepat dari yang dibutuhkan untuk kehabisan oksigen. Mereka mengerti situasinya,” tutur Dr. Gregory Pinnell,.ahli bedah penerbangan Angkatan Udara.

Perlu dipahami, begitu pramugari memerintahkan pemakaian masker sebaiknya langsung dikenakan. Keterlambatan menggunakannya selama 30 detik saja sudah cukup untuk mengakibatkan pingsan. Fokus dan tenang perlu ditanamkan dalam pikiran kala menghadapi insiden ini.

Advertisements
Masker Oksigen Dalam Pesawat Ternyata Tidak Berisi Oksigen Sungguhan | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better