Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook Puji Kampung Cyber di Yogyakarta

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg selepas dari Candi Borobudur Minggu (12/10) pagi bertolak ke kota gudeg. Tidak disangka, pendiri Facebook itu berkunjung ke ‘Kampung Cyber’ di Kampung Tamanan, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Menurut Antonius Sasongko, bos FB tersebut hanya melihat-lihat penerapan internet khususnya jejaring sosial Facebook yang dimanfaatkan sebagai media komunikasi warga di Kampung Tamanan. Zuckerberg juga banyak bertanya tentang apa dan bagaimana perihal ‘Kampung Cyber’.

“Hanya melihat-lihat saya, kondisi kampung di sini yang sudah pakai internet dan Facebook, dia (Zuckerberg) banyak bertanya-tanya,” ujar pria yang akrab disapa Koko itu.

Sejumlah pertanyaan dilayangkan seperti sejak kapan terhubung internet, berapa jumlah pengguna, dan akses internet dipakai untuk apa saja. Koko menerangkan jika Kampung Tamanan sejak tahun 2009 telah melek internet dan jadikan FB sebagai sarana komunikasi antar warga.

Antonius Sasongko sendiri dikenal sebagai penggagas ‘Kampung Cyber’. Dengan FB, warga membahas kondisi kampung serta mengabarkan berita sebut saja undangan rapat, pernikahan, berita kelahiran, kematian, dan lainnya.

Diakuinya jika cara ini sangat efisien. Ia tidak lagi menempelkan kerta informasi di papan pengumuman seperti metode konvensional. Lewat Facebook, pesan bisa langsung sampai ke warga. Lantas, bagaimana tanggapan Mark Zuckerberg?

Menurut Koko, pria penyuka kaos abu-abu itu sangat mengapresiasi inisiatif warga Kampung Tamanan. Masyarakat bisa mengakses informasi dan berita dan bahkan FB dijadikan pula sebagai sarana jual beli daring.

“Dia (Zuckerberg) bilang great,” aku Koko.

Advertisements
Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook Puji Kampung Cyber di Yogyakarta | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better