Manfaat Kunyit untuk Orang yang Gemar Olahraga

kunyit

Sebagian orang meresepkan kunyit untuk sarana pengobatan alami. Manfaat kunyit memang luar biasa. Saat ini bumbu dapur ini dianggap hepatoprotektor yang cukup kuat. Artinya, dengan mengonsumsi kunyit secara rutin memberikan penjagaan yang efektif bagi kesehatan liver (hati). Organ tersebut menjadi muara dari berbagai racun tubuh agar bisa dinetralisasi, sehingga tidak merugikan kesehatan.

Sementara itu, pengaruh kunyit bagi liver sangat dirasakan bagi orang yang terbiasa bekerja keras dengan fisiknya. Untuk orang yang melakukan olahraga lari, misalnya, sel darah merah di telapak kaki terinjak dan terjadi aliran darah yang cepat. Seperti dikutip laman KaltimPost, sel darah merah akan rusak dan kemudian segera “diperbaiki” melalui organ liver.

Hanya saja, semakin banyak sel darah merah yang rusak juga membuat beban kerja liver ikut berat. Jumlah sel darah merah yang mesti direcycle meningkat cepat seiring dengan banyaknya kerusakannya lewat telapak kaki. Apabila aktivitas olaharaga lari ini dilakukan secara teratur, sementara kualitas liver tidak ditingkatkan, dapat menimbulkan kelemahan liver. Efek buruknya adalah terjadi sakit pada liver.

Di sinilah manfaat kunyit diperlukan. Kunyit akan mengoptimalkan kerja liver dan membuat pekerjaannya lebih ringan. Dengan begitu sel darah merah dapat didaur ulang dengan baik dan menurunkan risiko terjadinya penyakit pada tubuh.

Manfaat kunyit masih banyak. Beberapa di antaranya adalah membantu regenerasi pada sel otak, menyehatkan pankreas, hingga menjadi obat maag. Kunyit juga dipercaya bisa mengatasi beberapa jenis kanker karena memiliki zat antikanker yang kuat.

Advertisements
Manfaat Kunyit untuk Orang yang Gemar Olahraga | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better