Malware Ini Curi Rp 130 Miliar Dana Nasabah Bank di Indonesia

malware

Dugaan pembobolan dana beberapa nasabah di tiga bank besar di Indonesia sedang diusut Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Tipid Eksus) Bareskrim Polri. Pelaku diyakini warga negara asing yang dilakukan dengan menyebar malware ke perangkat-perangkat terkoneksi. Menurut warta di Detik.com, Rp 1,3 miliar “hilang” dari aksi kejahatan cyber ini.

Pengusutan cyber crime ini bermula dari laporan salah satu bank terkait adanya dugaan pembobolan rekening beberapa nasabahnya. Menurut Direktur Tipid Eksus Brigjen Victor Simanjuntak, laporan dari bank tersebut kemudian dilacak dan mendapatkan modus kejahatan yang dilakukan pelaku dengan menyebar malware.

“Virus jahat” tersebut disebar ke perangkat-perangkat yang terkoneksi dan yang mengunduh malware itu seolah-olah bertransaksi dengan pihak bank langsung. Malware ini menyaru program legal namun menyesatkan. Misalkan saja seseorang menransfer melalui layanan e-banking namun laman yang dijumpai korban bukan laman sesungguhnya.

“Situs itu betul-betul menyerupai halaman bank yang sesungguhnya. Padahal korban tidak menyadari mereka menjadi korban kejahatan,” terang Victor.

Diduga kuat jika pelaku adalah warga negara asing yang memanfaatkan warga Indonesia untuk menjadi kurir penampung uang hasil kejahatan. Dari penyelidikan yang ada sementara terdapat 50-an kurir yang direkrut pelaku dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Mereka dijanjikan 10% dari nilai yang ditampung. Misalnya ada Rp 20 juta dalam satu kali transaksi, mereka diupah 10% dari nilai tersebut. Pelaku menyebut bahwa uang itu adalah hasil usaha,” tambah Victor.

Kurir sendiri tidak mengetahui jika mereka telah melakukan kejahatan. Victor meminta masyarakat untuk tidak mengunduh program-program yang tidak perlu baik itu di komputer atau telepon seluler.

Advertisements
Malware Ini Curi Rp 130 Miliar Dana Nasabah Bank di Indonesia | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better