Makan Kedelai Membantu Pencegahan dan Pengobatan Kanker Payudara

susu kedelai

Anggapan bahwa makan kedelai tidak disarankan untuk pasien kanker payudara dipatahkan dengan penelitian terbaru yang dilakukan lembaga Georgetown Lombardi Comprehensive Cancer Center di Amerika Serikat. Dalam temuannya, peneliti mendapati bahwa konsumsi makanan kedelai dalam jangka panjang justru menurunkan risiko terulangnya serangan kanker tersebut.

“Hasil ini menunjukkan tidak apa-apa untuk terus mengkonsumsi makanan kedelai selama pengobatan kanker payudara,” kata peneliti utama studi tersebut Leena Hilakivi-Clarke, yang juga profesor onkologi, seperti dikutip Times of India.

Selama ini kedelai dinilai dapat mengganggu pengobatan kanker payudara karena menghambat obat anti-estrogen. Inti yang dipermasalahkan yaitu, kandungan genistein (isoflavon) dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain itu zat dalam kedelai itu telah mengganggu obat anti-estrogen berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui media tikus laboratorium.

Tikus tersebut tidak punya sel T sitotoksik yang menjadi sel kekebalan tubuh. Akibatnya, tikus tersebut mengalami kanker payudara. Dari sinilah banyak ahli onkologi tidak menyarankan pasien kanker payudara mengonsum kedelai beserta makanan turunannya.

Hasil tersebut berkebalikan dengan temuan baru ini. Peneliti telah memberikan makan kedelai pada tidur dalam jangka panjang dalam bentu isoflavon dari sejak tikus belum mendapatkan pubertasnya. Dalam pengamatan peneliti, sel T diketahui telah aktif sebelum akhirnya tikus diberi pengobatan anti estrogen tamoxifen. Dari situ diketahui tumor ternyata gagal untuk bersembunyi dari serangan sistem kekebalan tubuh.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa kemampuan genistein untuk mengaktifkan respon imun anti-tumor dan mengurangi ekspresi mekanisme imunosupresif dapat menjelaskan mengapa asupan seumur hidup genistein mengurangi risiko kambuhnya kanker payudara,” kata Hilakivi-Clarke.

Penelitian ini dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan American Association for Cancer Research (AACR) 2015 di Pennsylvania.

Advertisements
Makan Kedelai Membantu Pencegahan dan Pengobatan Kanker Payudara | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better