Maglev, Kereta Tercepat Dunia Sudah Ada di Jepang

Maglev

Teknologi yang dimiliki Jepang seperti tak pernah habis diciptakan, termasuk dalam hal menciptakan alat transportasi jenis kereta api tercepat yang dinamakan Maglev (Magnetic Levitation). Sebelumnya di negara tersebut pun sudah ada kereta api yang kecepatannya luar biasa, namun Maglev ini sebut-sebut berhasil memecahkan rekor kereta tercepat di dunia, yang mampu berlari hingga 603 km/jam atau 374 mil per jam. Rekor sebelumnya adalah kecepatan 600 km/jam yang juga dibuat oleh Maglev.

Maglev sudah melalui uji coba di sebuah jalur kereta dekat Gunung Fujiyama Jepang yakni Yamanashi. Bentuk lokomotifnya menyerupai peluru dengan ujung kecil sehingga mampu menembus angin dengan sangat cepat.

Dilansir oleh laman abc.net.au, Maglev berjalan dengan teknologi magnetik listrik yang mendorong gerbongnya berlari di atas relnya dengan melayang. Jadi gerbong Maglev sebenarnya melayang 10 cm di atas rel.

Sejumlah masyarakat Jepang hadir dalam acara peluncuran Maglev terbaru tersebut untuk jadi saksi pecahnya rekor kereta tercepat di dunia. Saat Maglev mencapai 600 km/jam, mereka bersorak sorai dengan keberhasilan yang bisa diraih oleh para pencipta jenius tersebut.

Kereta berteknologi listrik magnetik ini rencananya akan digunakan secara masal di Jepang pada 2027 mendatang, sebab jalur rel nya memang berbeda dengan rel biasa. Nantinya gesekan antara rel dan kereta tidak ada, sebab kereta akan mengambang di atas rel. Luar biasa.

Advertisements
Maglev, Kereta Tercepat Dunia Sudah Ada di Jepang | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better