Madu dan Jeruk Nipis adalah Obat Batuk Efektif

madu lemon

Buah lemon dan madu ternyata jauh lebih manjur sebagai obat batuk ketimbang menggunakan obat kimia farmasi. Hal ini diungkapkan dalam situs National Health Service (NHS) di Inggris yang menyebutkan bahwa kedua bahan alami ini lebih dianjurkan untuk mengatasi batuk yang terutama dipicu oleh virus.

“Tidak ada cara yang cepat untuk menyingkirkan batuk yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit seperti ini biasanya akan hilang setelah sistem imun melawan virusnya,” kata para ahli dalam situs tersebut, seperti dikutip laman Kompas.

Selain itu, peneliti juga mengatakan bahwa menurut studi yang pernah dilakukan dua tahun sebelumnya, obat batuk yang banyak diiklankan tidak sesuai dengan klaim. Kualitas obat tersebut cukup rendah sebagai obat batuk dan banyak memiliki kandungan gula. Walaupun, sebagian obat ini dilengkapi kandungan lain untuk – misalnya – menurunkan demam atau nyeri.

“Bukti ilmiah di balik obat-obatan batuk sangat lemah dan tidak ada penelitian yang mengatakan obat tersebut dapat mengurangi durasi sakit,” kata Dr.Tim Ballard, wakil Royal College of General Practitioners.

Sebenarnya fungsi obat batuk tersebut hanya untuk mengurangi gejala. Sehingga, pasien disarankan untuk memilih obat sesuai dengan jenis batuknya. Hanya saja, lebih dianjurkan untuk mengambil bahan alami jika batuknya mampu sembuh hanya sebentar. Namun kalau batuk ternyata membandel hingga lama, sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter.

“Jika batuk bertahan lama, misalnya lebih dari seminggu, diderita anak, atau batuk mengeluarkan darah, menyebabkan napas sesak, atau disertai demam tinggi, segera periksakan ke dokter,” kata Ballard.

Advertisements
Madu dan Jeruk Nipis adalah Obat Batuk Efektif | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better