Luka Operasi Caesar dan Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui

Setiap ibu tentu akan menghadapi pilihan untuk melakukan operasi caesar dalam kehidupannya. Operasi ini bertujuan untuk membantu para ibu dalam proses persalinan agar bisa berjalan lancar. Tapi, setelah operasi caesar, setiap ibu perlu menghadapi luka bekas operasi caesar di area sekitar perutnya. Tapi, tahukah Anda kalau ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu diperhatikan? Inilah dia beberapa diantaranya.

Luka Operasi Caesar

Pola hidup yang dianjurkan pasca operasi

Saat kehamilan, seorang ibu dituntut untuk memiliki pola hidup yang sehat mulai dari aktivitas sampai makanan yang dikonsumsinya. Ini bertujuan agar sang ibu dan janin yang ada di dalam rahim tetap terjaga kesehatannya. Namun, meskipun Anda telah berhasil menjalani proses persalinan dengan lancar, namun bukan berarti Anda bisa kembali ke kehidupan dengan pola hidup yang buruk.

Menjaga pola hidup yang sehat pasca operasi caesar sama pentingnya saat Anda tengah mengandung. Sebab, pola hidup yang sehat sangat menentukan proses penyembuhan luka bekas operasi apakah akan berjalan normal atau tidak. Usahakan untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan mencukupi cairan tubuh sepanjang hari. Perhatikan juga durasi istirahat setiap hari agar tubuh bisa pulih dengan cepat pasca melakukan proses persalinan. Konsumsi juga makanan yang bergizi agar ASI yang Anda berikan kepada anak Anda bisa berkualitas dan kaya akan nutrisi.

Jaga kebersihan luka

Luka bekas operasi perlu diperhatikan betul kebersihannya. Sebab, agar luka tidak memberikan dampak yang semakin buruk, kebersihan jadi salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan. Oleh karena itu, jangan biarkan ada kuman atau kotoran yang menempel pada area sekitar luka bekas operasi caesar Anda.

Umumnya, Anda akan diperbolehkan untuk mandi 48 jam setelah proses persalinan berlangsung. Namun, saat mandi Anda juga perlu menjaga bekas luka dan jahitan agar tetap kering. Hindari penggunaan antiseptik saat membersihkan area sekitar luka. Ketika perban luka mulai terlihat kotor, lakukan penggantian perban secara berkala agar tetap higienis.

Penggunaan obat luka operasi caesar bisa menjadi jalan terbaik untuk membantu membuat ibu yang baru melakukan persalinan merasa lebih nyaman. Sebab, dengan menggunakan obat tersebut luka bekas operasi bisa lebih cepat pulih. Selain itu, siapkan juga obat diare pada anak alami resep dokter untuk berjaga-jaga jikalau nantinya anak Anda mengalami diare. Semoga bermanfaat.

Luka Operasi Caesar dan Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui | Keseh Atan | 4.5

Leave a Reply