Lionel Messi Harusnya Jadi Pemenang Ballon d’Or 2013 & 2014, Bukan Cristiano Ronaldo

Lionel Messi Harusnya Jadi Pemenang Ballon d'Or 2013 & 2014, Bukan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo tidak layak menjadi penenang Ballon d’Or 2013 dan 2014. Gelar tersebut seharusnya jatuh pada Lionel Messi sang rival abadi. Demikian yang dipaparkan oleh The Economist, yang menyebutkan gol-gol CR7 sepanjang dua tahun tersebut kalah berarti dibandingkan gol La Pulga yang lebih krusial untuk Barcelona dan timnas Argentina.

The Economist mengukur seberapa penting peranan seorang pemain dalam sebuah tim berdasarkan pengaruh gol mereka untuk sebuah pertandingan, ditambah sejauh mana laga tersebut memberikan kontribusi untuk gelar sebuah tim dalam setahun. Sepanjang dua tahun tersebut Lionel Messi mencetak 86 gol, sementara CR7 mengoleksi 105 gol.

Walaupun membukukan 19 gol lebih banyak, bukan berarti Cristiano Ronaldo lebih baik. Beberapa golnya terlahir ketika Real Madrid sudah unggul telak dan tidak mengubah hasil pertandingan. Misalnya, dalam final Liga Champion 2014. CR7 mencetak gol penalti di menit terakhir perpanjangan waktu. Namun hal itu terjadi ketika timnya sudah unggul 3-1 atas Atletico Madrid.

Ini berbeda dengan Lionel Messi. Walaupun jumlah golnya lebih sedikit, La Pulga memberikan kontribusi kemenangan yang lebih besar bagi Barcelona dan timnas Argentina. Misalnya, ketika menjadi penentu skor kala negaranya melawan Iran dan Nigeria di Piala Dunia 2014.

Dalam hitungan The Economist, setiap gol Ronaldo sepanjang dua tahun tersebut bernilai 0,40 poin bagi timnya. Sementara itu, walaupun hanya mencetak 86 gol, Lionel Messi memberikan pengaruh yang lebih kuat dengan 0,47 poin per gol.

The Economist juga menyebutkan, penyebab utama Ballon d’Or 2013 dan 2014 tidak jatuh ke tangan Lionel Messi adalah karena faktor kebosanan terhadap La Pulga. Ia sudah memenangi trofi itu selama empat tahun beruntun. Andai faktor kebosanan itu tidak melekat, Messi akan meraup enam gelar Ballon d’Or dalam enam tahun beruntun, dan hal ini masih berlanjut hingga setidaknya tahun ini.

Advertisements
Lionel Messi Harusnya Jadi Pemenang Ballon d’Or 2013 & 2014, Bukan Cristiano Ronaldo | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better