LibreOffice Online Diperkenalkan, Siap Saing Office 365 & Google Docs

LibreOffice 4.4LibreOffice 4.4

The Document Foundation baru-baru ini mengumumkan akan memperkenalkan Office berbasis cloud, yakni LibreOffice Online. Kehadiran layanan LibreOffice Online ini akan menjadi pesaing tangguh bagi layanan serupa yang lebih dulu hadir, yakni Google Docs dan Microsoft Office 365. LibreOffice sendiri selama ini dikenal sebagai aplikasi Office gratis terbaik saat ini.

Rilis layanan LibreOffice Online ini tentu merupakan kabar gembira bagi pengguna LibreOffice. Layanan ini memungkinkan pengguna mengakses layanan LibreOffice Online dari perangkat apapun dan dengan sistem operasi apapun dari mana saja selama terkoneksi dengan internet. Pengguna nantinya dapat menikmati layanan LibreOffice Online secara cuma-cuma alias gratis.

“Berkat meningkatnya jumlah perusahaan yang berinvestasi pada pengembangan LibreOffice, kami berada di jalur untuk membuatnya tersedia di semua platform, termasuk cloud. Kami berterima kasih kepada IceWarp untuk menyediakan sumber daya untuk pengembangan lebih lanjut dari LibreOffice Online, “kata Eliane Domingos de Sousa, direktur The Document Foundation.

The Document Foundation berkolaborasi dengan perusahaan IceWarp untuk menghadirkan kemampuan sinkronisasi perangkat lunak, serta menggandeng Collabora untuk turut serta membantu membangun layanan LibreOffice Online. The Document Foundation sendiri sebenarnya telah membangun prototipe LibreOffice Online sejak tahun 2015 dengan menggunakan HTML5, seperti yang dilansir dari Softpedia (25/03/2015).

Tak hanya itu, nantinya LibreOffice Online akan menjadi Office berbasis cloud pertama yang mendukung Open Document Format yang tak lain adalah format file berbasis XML. Kelebihan lain yang dimiliki LibreOffice Online adalah bersifat open-source, sehingga memungkinkan pengembang berkolaborasi atau berkontribusi untuk pengembangan lebih lanjut.

Advertisements
LibreOffice Online Diperkenalkan, Siap Saing Office 365 & Google Docs | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better