LibreOffice for Android Preview Kini Dukung Editing Dokumen

LibreOffice for AndroidLibreOffice for Android

LibreOffice for Android versi Preview kini dapat digunakan untuk menyunting atau editing dokumen. Seperti yang kita ketahui, LibreOffice adalah aplikasi Office open-source yang dikembangkan oleh The Document Foundation dan tersedia di pelbagai platform, antara lain Windows, Linux, dan Mac OS X. Beberapa waktu lalu juga telah dirilis LibreOffice for Android versi Preview.

Sebelumnya LibreOffice for Android Preview hanya dapat digunakan untuk membuka dokumen dan masih banyak terdapat bug yang mengganggu. Versi baru LibreOffice for Android Preview telah didukung oleh kemampuan edit dokumen dan perbaikan sejumlah bug. Sayangnya, sampai saat ini aplikasi ini belum dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat dokumen baru.

Aplikasi LibreOffice for Android Preview ini terdiri dari versi mobile Writer, Calc, Draw, dan Impress dan mendukung format dokumen yang sama dengan versi desktop. Namun user interface telah dioptimalkan untuk Android dengan layar sentuh, tombol yang ramah dengan jari berukuran besar, dan dukungan untuk fitur ponsel termasuk pinch-to-zoom dan tekan lama untuk memilih teks.

“Saya sangat senang dengan apa yang telah kami capai dan benar-benar melihat ke depan untuk melihat ke mana kita pergi dari sini. Pada saat LibreOffice 4.4 kita harus memiliki kerja dan dokumen aplikasi penampil yang siap dipoles,” kata Tomaž Vajngerl, salah satu pengembang LibreOffice beberapa waktu lalu.

Ia juga menambahkan bahwa aplikasi LibreOffice untuk Android ini dibangun di atas kode Fennec yang tak lain adalah browser Firefox untuk Android yang meliputi semua fitur andalannya. Beberapa fungsi dan kode yang tidak diperlukan pada LibreOffice untuk Android akan dihapus untuk meningkatkan kinerjanya.

Seperti yang dilansir dari Pocket Lint (21/04/2015), bagi pengguna Android, disarankan menggunakan alternatif lain seperti QuickOffice dan Polaris Office hingga LibreOffice for Android stabil.

Advertisements
LibreOffice for Android Preview Kini Dukung Editing Dokumen | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better