Kram Kaki Bisa Muncul Saat Pakai Sandal Jepit di Tempat Licin

sandal jepit di laut

Memakai sandal jepit sangat pratis dikenakan dalam situasi santai. Untuk perjalanan tujuan dekat, sandal jepit adalah pilihan tepat. Selain itu kebanyakan sandal ini tidak bermasalah dengan air sehingga cocok untuk aktivitas di pantai atau dipakai kala hujan. Ini berbeda kala memakai sandal semi resmi yang biasanya kerap terlepas lemnya jika berhadapan dengan air.

Namun perlu Anda tahu, memakai sandal jepit pada jalan yang licin sebaiknya dihindari. Dalam kondisi seperti ini jari-jari kaki akan mencengkeram lebih kuat ketimbang melangkah di jalanan kering. Akibatnya yaitu meningkatkan risiko kram kaki. Tekanan di jari sangat kuat sehingga memengaruhi otot-otot di sekitarnya. Ditambah lagi, sandal jepit kurang memberikan kestabilan pada kaki dengan minimalnya topangan seperti pada sepatu.

“Apabila digunakan berkepanjangan dapat menyebabkan masalah pada jari-jari kaki karena berlebihnya tekanan pada bagian tersebut, karena jari-jari harus ‘mencengkeram’ bagian bawah sandal untuk dapat dipakai berjalan,” kata dr Andri Primadhi SpOT dari Staf Divisi Foot and Ankle, Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, FK Universitas Padjadjaran/RS Hasan Sadikin, seperti dikutip Detik Health.

Tekanan tersebut makin besar jika bagian dasar dari alas sandal jepit mulai halus teksturnya. Pada keadaan ini mudah sekali seseorang terpeleset. Saat berjalan dengan hati-hati, kadang diperlukan cengkeraman yang lebih kuat lagi.

“Nah, pada sebagian orang dapat terjadi kram. Bila ingin menggunakan sandal untuk waktu lama, sebaiknya memakai yang banyak ‘strap’-nya sehingga lebih stabil dan beralas lebih keras,” kata dr Andri.

Advertisements
Kram Kaki Bisa Muncul Saat Pakai Sandal Jepit di Tempat Licin | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better