Konsumsi Kalsium Berlebihan Bisa Timbulkan Penyakit Ini

kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membangun struktur tulang. Jika kekurangan asupan kalsium, maka kondisi kesehatan tubuh dan tulang bisa rentan dan rapuh. Sebaliknya apabila Anda mengonsumsi kalsium secara berlebihan, maka dapat memicu beberapa jenis penyakit yang juga cukup berbahaya.

Penyakit-penyakit yang dipicu kelebihan asupan kalsium dapat Anda simak seperti di bawah ini, dilansir oleh situs Boldsky:

Hipertiroidisme

Ada kelenjar paratiroid yang bekerja untuk mengendalikan jumlah kalsium serta fosfor di tubuh. Saat ia melepaskan hormon paratiroid, maka itu adalah isyarat bahwa tubuh harus berhenti menyerap kalsium. Jika ada begitu banyak kalsium di tubuh, maka hormon ini bekerja keras mengeluarkan banyak paratiroid. Jika kondisi pelepasan hormon berlebihan ini berjalan terus, ini yang dinamakan hipertiroidisme.

Penyakit kardiovaskular

Asupan normal kalsium dalam sehari sekitar 1400 mg. Jika lebih dari itu, maka kesehatan jantung Anda adalah resikonya. Serangan jantung adalah salah satu dari efek terlalu berlebihan mengonsumsi kalsium.

Mual dan lelah

Gejala utama jika Anda kelebihan kalsium adalah mual serta mudah lelah. Tubuh akan lambat merespon sesuatu atau samar-samar, dan itu memicu rasa mual dan pusing.

Jumlah mineral lain akan meningkat juga

Jika terjadi peningkatan kadar kalsium dalam tubuh, maka jumlah nutrisi lain juga akan meningkat sebab tubuh berusaha menyeimbangkan berbagai nutrisi tersebut. Hasilnya, muncul efek samping lain seperti tekanan darah rendah, detak jantung tak normal, dan lainnya.

Batu ginjal

Ginjal berfungsi menyaring berbagai racun atau zat tak berguna yang masuk dalam tubuh, lantas membuangnya lewat urine. Jumlah besar kalsium yang masuk ke tubuh dapat membuat pengendapan di ginjal dan memicu munculnya batu ginjal.

Advertisements
Konsumsi Kalsium Berlebihan Bisa Timbulkan Penyakit Ini | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better