KONI Akui Kepengurusan PSSI Hasil KLB 2015

kongres pssi klb logo

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Tono Suratman, menyatakan bahwa pihaknya mengakui kepengurusan PSSI yang dihasilkan dari pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) 2015 di Surabaya beberapa waktu lalu. Menurut Tono Suratman, kepengurusan PSSI periode 2015-2019 di bawah pimpinan La Nyalla Mattalitti adalah sah secara legalitas dan telah mendapat pengakuan dari AFC dan FIFA.

“Ya, secara legalitas (kepengurusan PSSI) saya akui. Dipilih dan dihadiri oleh AFC, sudah dilaporkan, dan mereka datang ke saya menyampaikan hasil kongres dan memohon untuk memfasilitasi persolaan-persoalan teknis yang terjadi di organisasi PSSI,” ungkap Tono Suratman di Jakarta belum lama ini.

“Secara legalitas kan mereka terpilih. Persoalannya yang dipermasalahkan kan perlu adanya transisi. Dari kacamata saya, pandangan kami dari bidang hukum kami tidak menemukan apa yang perlu ditransisi. Kalau ada hal-hal masalah teknis itu diselesaikan secara difasilitasi. Kan kita punya yang namanya BAORI (Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia),” lanjutnya.

Pernyataan Tono Suratman ini bisa menjadi jawaban atas kritikan yang dilontarkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi beberapa waktu lalu terkait sikap KONI yang seolah-olah tidak mendukung pembekuan PSSI. KONI yang diserahi tugas untuk mengambil-alih sebagian tugas PSSI cenderung ingin lepas tangan atas masalah ini.

Menpora menegaskan bahwa sebagai institusi yang berada di bawah naungan pemerintah, seharusnya KONI –dan juga Komite Olimpiade Indonesia (KOI) – mendukung langkah yang diambil oleh Kemenpora. Apalagi jika hal itu dilakukan untuk memperbaiki persepakbolaan di tanah air yang semakin amburadul dan kering prestasi di level internasional.

“Sekarang pemerintah punya hajat punya keinginan untuk (memperbaiki) sepakbola. Maka kami harap mereka (KONI) bisa membantu bersama-sama. KONI akan saya panggil dulu. (Kalau tak sejalan dengan pemerintah) berarti mereka termasuk kriteria yang patut kami monitor juga, karena mereka dibiayai pemerintah,” tandas Menpora.

Advertisements
KONI Akui Kepengurusan PSSI Hasil KLB 2015 | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better