Kondisi Kaki Bisa Perlihatkan Jenis Penyakit Seseorang

kaki

Jenis penyakit yang sedang dialami oleh seseorang ternyata bisa dideteksi melalui kondisi kakinya. Seperti juga ilmu iridiologi, yakni cara deteksi penyakit melalui iris mata, memang tak bisa dipastikan seratus persen hal ini benar adanya.

Akan tetapi tak ada salahnya Anda mencoba sejenak memperhatikan kondisi kaki. Siapa tahu ada sebagian ciri dari penyakit di bawah ini yang ada pada kaki Anda. Mengetahui lebih dini pasti akan memudahkan pengobatan, bukan?

Berikut ini seperti dilansir dari laman WebMD:

Kaki dingin

Apabila kaki Anda terasa dingin hingga ke jari-jari kaki padahal suhu di sekitar Anda tidak dingin, maka itu bisa berarti peredaran darah Anda tak lancar. Hal ini dipicu oleh penyakit seperti jantung, hipertensi, atau kebiasaan merokok. Selain itu kaki yang dingin juga bisa dipicu oleh hipotiroidisme atau kelebihan tiroid, dan anemia.

Nyeri

Kaki yang nyeri dapat disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan seperti olahraga, berjalan, dan lainnya. Anda bisa mengurangi risiko nyeri dengan cara mengganti sepatu yang nyaman dan menunjang aktivitas.

Kaki berwarna

Ini biasanya dipicu oleh sakit Raynaud, yang membuat kaki akan berubah warna menjadi memutih, kebiruan, dan memerah. Umumnya terjadi karena penyempitan arteri (vasospasms). Penyakit Raynaud bisa dipicu juga oleh jenis penyakit lain yang diidap oleh seseorang semisal rheumatoid arthritis, penyakit Sjoegren, dan tiroid.

Tumit nyeri

Ini umumnya terjadi karena penyakit arthritis, atau aktivitas yang berlebihan namun tak ditunjang dengan sepatu yang baik.

Bengkak

Kaki bengkak bisa dipicu oleh banyak hal. Namun umumnya karena peredaran zat cair dalam tubuh tak lancar sebab kurang bergerak misalnya terlalu lama duduk atau berdiri. Pada wanita hamil juga bisa terjadi pembengkakan kaki. Atau akibat sistem limfatik yang bermasalah serta pembekuan darah.

Kaki terasa panas

Kaki yang terasa panas sering dialami oleh penderita diabetes serta kerusakan saraf perifer. Kurang vitamin B, dan penyakit ginjal juga bisa sebabkan kaki bengkak.

Jadi apakah ada di antara ciri di atas terjadi pada Anda?

Advertisements
Kondisi Kaki Bisa Perlihatkan Jenis Penyakit Seseorang | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better