KitKat Dominasi Pangsa Pasar Android, Lollipop 5,4%

Android-Lollipop-KitKat

KitKat telah mendominasi pangsa pasar Android dan mengalahkan versi sebelumnya, yakni Jelly Bean. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya Android Jelly Bean yang terdiri dari versi 4.1, 4.2, dan 4.3 merajai pasar dan kini harus rela turun di posisi kedua. Hal ini tak terlepas dari semakin banyaknya smartphone dan tablet baru yang mengusung OS Android KitKat.

Berdasarkan informasi yang bersumber dari Google, Android 4.4 KitKat menguasai 41.6% pangsa pasar, meningkat dari 40,9% pada bulan lalu. Posisi kedua diduduki oleh Android Jelly Bean yang masih menguasai 40,7% yang terdiri dari Android 4.1 16,5%, Android 4.2 18,6%, dan Android 4.3 5,6%. Ketiga varian Android Jelly bean tersebut semuanya mengalami penurunan pangsa pasar.

Lalu bagaimana dengan Android Lollipop? Android Lollipop yang merupakan versi paling baru hanya menguasai 5,4% pangsa pasar yang terdiri dari Android 5.0 dengan 5% dan Android 5.1 dengan 0,4%. Adopsi Android Lollipop memang bisa dikatakan lambat jika dibandingkan para pesaingnya, seperti iOS. Hal ini sebenarnya tak terlepas dari peran vendor yang lambat dalam merilis update.

Sedangkan Android versi lawas juga masih terlihat, yakni Android 4,0 Ice Cream Sandwich yang masih menguasai 5,7%, disusul oleh Android 2.3 Gingerbread yang menguasai 6,4%, dan terakhir adalah Android 2.2 Froyo yangmenguasai 0,4% pangsa pasar. Tentunya ketiga versi Android lawas ini akan semakin berkurang pangsa pasarnya dan akhirnya akan hilang seperti Android Honeycomb, Donut, dan sebagainya.

Bukan rahasia lagi bahawa salah satu masalah platform Android adalah fragmentasi atau keragaman versi sistem operasi yang beredar. Hal ini disebabkan karena rilis update dari vendor lambat atau bahkan sudah tidak lagi mendapatkan dukungan update, seperti yang dilansir dari VR-Zone (10/04/2015).

Advertisements
KitKat Dominasi Pangsa Pasar Android, Lollipop 5,4% | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better