Kisah Awal Mula Munculnya Kue Donat

makan donat

Kue donat disukai hampir semua orang. Topingnya yang beragam menjadi donat sebagai salah satu camilan yang memiliki beragam rasa. Pingin tahu bagaimana awal mula kue yang berlubang di tengah ini?

Donat ternyata bukanlah makanan asli Indonesia. Ada teori yang dikemukakan terkait donat. Pertama, donat dibuat oleh orang-orang Belanda. Kala itu mereka melakukan migrasi ke Amerika Utara. Dulu Amerika dianggap sebagai tanah impian sehingga banyak orang ingin hidup di sana. Imigran dari Belanda ini lantas berbondong menuju Amerika demi mendapatkan hidup lebih layak.

Para imigran ternyata juga membawa serta warisan kulinernya. Mereka jago membuat kue kering, pai dengan krim, pai buah, hingga donat. Dari sinilah kemudian donat menjadi dikenal dan berkembang sampai sekarang.

Versi kedua, donat dibuat oleh seorang kapten kapal yang berasal dari Denmark. Namanya adalah Hanson Gregory. Dulunya sang kapten ketika berlayar, mesti memegang kemudi kapal untuk mengarahkan lajunya. Dia pun tidak sempat untuk mengonsumsi makanannya karena sulit untuk mengambil. Kue gorengan miliknya lalau ditusukkan ke roda kemudi hingga bolong.

Hingga akhirnya, diciptakanlah kue dengan bentuk berlubang di tengahnya seperti kue donat saat ini. Dengan begitu dia dapat mengambil kue dengan leluasa. Lapisan luar kue diberikan minyak agar cepat matang.

Entah benar atau tidak kisah tersebut, pastinya kue donat tetaplah makanan yang lezat. Selain itu, bahan dasarnya dapat dipadukan dengan berbagai makanan seperti labu atau kentang.

Advertisements
Kisah Awal Mula Munculnya Kue Donat | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better