Kinerja Grafis iPad Air 2 Pecundangi Nexus 9

iPad Air 2iPad Air 2

iPad Air 2 tak hanya menawarkan kinerja prosesor yang tinggi, tetapi juga di sektor grafis. Benchmark GFX Bench menunjukkan bahwa kinerja grafis tablet iPad Air 2 mampu mempecundangi Google Nexus 9. Meski demikian, keunggulan kinerja grafis dari iPad Air 2 ini tidak terlalu jauh dari Nexus 9.

Pada benchmark GFX Bench Manhattan on-screen maupun off-screen terlihat bahwa grafis iPad Air 2 memang lebih superior dari Nexus 9 dengan gap yang tak terlalu jauh. Sedangkan pada T-rex on-screen dan off-screen, kinerja grafis iPad Air 2 kembali mengungguli grafis dari Google Nexus 9 dengan gap yang cukup jauh.

Kinerja grafis yang dihasilkan oleh iPad Air 2 dan Nexus 9 ini tak terlepas dari GPU (Graphics Processing Unit) yang digunakan pada SoC (System on Chip) pada masing-masing tablet. iPad Air 2 ditenagai oleh PowerVR GX6650 6-core, sedangkan Google Nexus 9 ditenagai oleh Nvidia GeForce Kepler 192-core. Sekilas, spesifikasi GPU Nexus 9 terlihat lebih menjanjikan.

iPad Air 2

iPad Air 2

Meski pada GFX benchmark iPad Air 2 lebih unggul dari Nexus 9, kita tidak dapat mengambil kesimpulan bahwa grafis iPad Air 2 lebih kuat dibandingkan dengan Nexus 9. Hal ini harus diukur dengan menggunakan aplikasi benchmark lain sebagai pembanding dan juga mengujinya saat menjalankan aplikasi yang memerlukan grafis yang berat, misal bermain game 3D.

Prosesor Apple A8X yang digunakan pada iPad Air 2 ini mengusung triple-core dengan kecepatan 1,5GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB. Kinerja yang ditawarkan oleh tablet iPad Air 2 ini 35% lebih cepat dari Google Nexus 9 saat menangani aplikasi yang membutuhkan kemampuan multi-core.

Sedangkan Google Nexus 9 mengandalkan chipset canggih Nvidia Tegra K1 yang mengusung prosesor dual-core Denver 64-bit berkecepatan 2,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB dan didukung oleh pengolah grafis mumpuni dari GeForce Kepler 192-core, seperti yang dilansir dari Phone Arena (23/10/2014).

Advertisements
Kinerja Grafis iPad Air 2 Pecundangi Nexus 9 | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better