Ketahui Rahasia Seputar Tinja, Yuk!

tinja

Urusan tinja, pasti sangat jarang orang yang mau mengulik-uliknya. Namun jika Anda peduli dengan kesehatan dan kondisi tubuh sendiri, tak ada salahnya kok mengetahui sedikit mengenai tinja atau kotoran manusia ini.

Jadi ada apa dibalik tinja yang setiap hari dikeluarkan tersebut? simak berikut seperti dilansir laman Vemale:

Jumlah normal tinja atau kotoran yang Anda keluarkan setiap hari adalah 1 ons per 5 kg berat badan seseorang. Jadi untuk menghitung jumlah tinja Anda yang seharusnya dikeluarkan per hari, maka contohnya seperti ini. Bila anda memiliki berat 50 kg, maka jumlah tinja yang keluar normalnya 10 ons setiap hari. Namun hal itu juga tergantung pada berapa banyak jumlah asupan makanan Anda.

Mengapa tinja bisa jadi sangat cair saat diare? ini akibat infeksi yang terjadi dalam tubuh atau saluran cerna, sehingga konsistensi tinja lebih dominan cairan. Sebaliknya jika Anda sembelit, maka jumlah cairan dalam tinja berkurang dan sulit dikeluarkan oleh pergerakan usus. Biasanya disebut sembelit bila lebih dari 3 hari tinja sulit keluar.

Tinja itu terdiri dari sisa makanan, sari-sari makanan yang tak bisa diserap tubuh, lemak, garam, juga bakteri yang mati maupun yang masih hidup, dan 75% air. Karena itu beberapa penyakit diketahui penyebabnya dari pemeriksaan laboratorium terhadap tinja.

Penyebab bau dari tinja adalah bakteri, yang menghasilkan berbagai komponen serta gas. Ini membuat aroma tinja sangat khas dan mirip kentut. Bau juga dipengaruhi oleh jenis makanan.

Tinja ternyata tak seburuk yang Anda bayangkan, bukan?

Advertisements
Ketahui Rahasia Seputar Tinja, Yuk! | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better