Kereta Jayabaya Ekonomi, Kereta Baru Jurusan Jakarta-Malang Lewat Surabaya

kereta Jayabaya

Warga Jakarta yang sering berkunjung ke Malang atau sebaliknya, kini boleh senang karena ada kereta api baru bernama Jayabaya yang melintasi rute tersebut. Peresmian pengoperasian kereta Jayabaya baru dilakukan Sabtu (18/10) kemarin oleh Komisaris Utama PT KAI Iman Haryatna dan Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan.

Peresmian berlangsung di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Kereta api Jayabaya ini adalah jenis kereta api ekonomi AC yang melewati jalur pantura, sehingga singgah pula di kota Surabaya sebelum menuju Malang.

Yang unik dari kereta Jayabaya ini adalah tersedianya gerbong khusus difabel atau penyandang cacat, yang tak dimiliki oleh jenis kereta api lainnya. Hal ini tentu sangat membantu bagi penyandang keterbatasan fisik, sebab di jenis transportasi lainnya jarang ada gerbong atau tempat khusus yang disediakan untuk mereka.

Rute melintasi rel kereta jalur ganda pantura, dengan lama waktu perjalanan diperkirakan sekitar 13 jam. Walau jenisnya ekonomi, akan tetapi kereta Jayabaya diklaim sangat nyaman dan dilengkapi dengan pendingin udara.

Sarana kebersihan seperti toilet juga tersedia, bersih serta nyaman dan tak kurang air. Penumpang dilarang merokok di dalam gerbong, sehingga bagi wanita dan anak-anak kondisi ini sangat nyaman. Anda yang sering kehabisan tiket kereta api saat mudik dengan tujuan kota-kota di Jawa Timur, kereta api Jayabaya bisa jadi alternatif menyenangkan untuk pulang.

Advertisements
Kereta Jayabaya Ekonomi, Kereta Baru Jurusan Jakarta-Malang Lewat Surabaya | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better