Kenali Meningitis Sejak Awal Agar Tak Terlambat Diobati

meningitis

Penyakit meningitis seperti yang dialami oleh almarhum presenter Olga Syahputra menyerang bagian otak manusia. Penyebabnya adalah infeksi oleh bakteri, virus dan bisa juga jamur, demikian yang tertulis di situs resmi WHO.

Meningitis sendiri terjadi saat ada peradangan di selaput (meninges) yang menyelimuti sistem syaraf, otak, atau sumsum tulang belakang seseorang. Biasanya jika terjadi peradangan maka selaput akan mengalami pembengkakan.

Apabila secepatnya diobati, maka penyakit meningitis dapat diobati dan penderita bisa sembuh total. Namun jika tidak, dapat pula terjadi komplikasi yang membuat penyakit tersebut lebih parah.

Secara umum, gejala yang muncul bisa berupa demam tinggi, pusing parah, kaku pada wilayah leher dan pundak, mual dan muntah, silau jika melihat cahaya terang, serta kadang terjadi pula kulit yang kemerahan dan ruam. Siapa saja bisa mengalami penyakit tersebut, bahkan pada seorang bayi sekalipun.

Pada beberapa kasus meningitis yang tidak parah, sakit ini bisa sembuh dengan sendirinya apabila daya tahan tubuh seseorang kuat.

Namun di kasus lain penyakit tersebut bisa berkembang parah hingga menyebabkan kematian atau komplikasi. Untuk mengatasinya biasanya pihak medis akan memberi pengobatan antibiotik tertentu.

Jadi disarankan untuk segera mengobati penyakit meningitis tersebut, agar tak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi lain.

Advertisements
Kenali Meningitis Sejak Awal Agar Tak Terlambat Diobati | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better