Kenali Faktor Pemicu Stroke Berikut Ini, Siapa Tahu Anda Memilikinya

Kolesterol Baik

Stroke dan serangan jantung termasuk penyakit yang pemicunya seringkali tidak disadari. Tidak aneh jika keduanya mendapatkan sebutan silent killer karena datangnya tidak pernah diduga. Begitu faktor-faktor pemicunya mendukung, seseorang dengan mudah dapat terkena serangan penyakit tersebut.

Oleh sebab itu, seringkali disarankan bagi setiap orang untuk melakukan cek kondisi tubuh. Misalnya cek tekanan darah, kadar kolesterol, dan sebagainya. Cek kesehatan dapat mendeteksi secara dini kemungkinan-kemungkinan terkena suatu penyakit di kemudian hari termasuk stroke.

Pemicu stroke dan serangan jantung hampir sama. Keduanya muncul karena kondisi sistem kardiovaskular yang buruk. Untuk memperkecil risiko, seseorang mesti menyetabilkan berbagai faktor pemicu tersebut. Dikutip dari Times of India, berikut berbagai faktor utama dari penyakit stroke yang mungkin saja Anda memilikinya:

  1. Penyakit tekanan darah tinggi adalah faktor risiko terbesar. Anda perlu selalu menormalkan ukuran tekanan darah di angka sekitar 120/80 mmHg atau yang sesuai dengan usia.
  2. Rokok berpengaruh langsung pada darah. Racun rokok memuat darah cenderung mengental. Keadaan ini dapat meningkatkan tekanan darah, termasuk merusak pembuluh darah.Rokok juga menurunkan kemampuan darah untuk menyerap oksigen yang diperlukan jantung dan jaringan tubuh lain.
  3. Suka mengonsumsi makanan kaya kalori, gula, dan garam. Ketiga makanan ini memengaruhi naiknya tekanan darah hingga lemak. Selain itu, tingginya gula dalam darah turut menyebakan diabetes.
  4. Jika punya riwayat penyakit jantung sebelumnya, berisiko pula mengalami stroke. Penyebabnya dimungkinkan terdapat gumpalan darah yang menyumbat peredaran darah di otak.
  5. Riwayat keluarga. Jika ada anggota keluarga yang mengalami stroke, maka ada kemungkinan penyakit ini dapat menurun. Jika demikian, langkah terbaik adalah selalu melakukan pengontrolan terhadap beragam faktor pemicu stroke.
  6. Dilihat dari jenis kelamin, lebih banyak wanita yang meninggal karena stroke. Tapi untuk usia muda, korban stroke justru banyak dialami oleh pria. Wanita yang memakai pil KB lebih mungkin untuk mendapatkan ketimbang yang memakai kontrasepsi lain.

Advertisements
Kenali Faktor Pemicu Stroke Berikut Ini, Siapa Tahu Anda Memilikinya | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better