Kemenpora Diminta Surati FIFA Terkait Verifikasi ISL 2015

fifa logo pssi

Hasil verifikasi Indonesia Super League (ISL) 2015 versi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) disebut-sebut tidak diakui oleh konfederasi sepakbola dunia alias FIFA. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia pun diminta untuk segera menyurati FIFA untuk mengklarifikasi masalah ini.

“Kemungkinan PSSI yang mengadu lewat FIFA karena diverifikasi BOPI. Dengan surat itu 18 klub pasti bermain. Belum terlambat bagi Kemenpora. Surati FIFA hari ini. Tapi, konsekuensinya laga hari ini bisa batal,” saran aktivis Save Our Soccer (SOS) Apung Widadi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebelumnya BOPI telah mengumumkan hasil verifikasi terkait peserta ISL 2015. BOPI memutuskan bahwa ISL 2015 bisa digelar namun hanya akan diikuti oleh 16 tim dari 18 klub peserta. Sementara dua klub lainnya, yaitu Arema Cronus Indonesia dan Persebaya Surabaya, tidak lolos verifikasi karena masih bermasalah dengan legalitas dan dualisme klub.

Namun, PSSI dan PT Liga Indonesia tetap ngotot akan menggelar kompetisi dengan 18 klub. Bahkan, FIFA dikabarkan tidak mengakui hasil verifikasi dari BOPI tersebut karena tidak boleh ada pihak ketiga manapun yang berhak mencampuri urusan internal sepakbola.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa surat dari Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke dikirim pada tanggal 19 Februari 2015 untuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyusul penundaan dimulainya Indonesian Super League,” papar juru bicara FIFA, seperti dikutip dari Reuters, pada Jumat, tanggal 3 April 2015.

Ditambahkan bahwa FIFA tidak mengizinkan pihak ketiga untuk melakukan intervensi terhadap sepakbola di suatu negara, termasuk untuk persoalan kompetisi domestik. “Hal itu sudah jelas diatur dalam pasal 13 dan 17 Statuta FIFA,” lanjut juru bicara FIFA tersebut.

Advertisements
Kemenpora Diminta Surati FIFA Terkait Verifikasi ISL 2015 | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better