Kemenpora Ancam Bekukan PSSI

pssi logo

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia mengancam akan membekukan PSSI dengan melayangkan surat peringatan ketiga atau SP3 pada tanggal 16 April 2015 kemarin. Peringatan tegas tersebut dilayangkan oleh Kemenpora terkait Persebaya Surabaya dan Arema Cronus Indonesia yang dilarang mengikuti kompetisi Indonesia Super League (ISL) QNB League 2015 karena masih bermasalah dengan legalitas dan dualisme klub.

“Surat tanggapan PSSI secara substansial tidak menyentuh pokok persoalan sekaligus belum menunjukkan adanya tindakan kongkret/nyata dalam melaksanakan kebijakan Menpora melalui BOPI,” demikian cuplikan bunyi SP3 dari Kemenpora terhadap PSSI tersebut.

“Apabila PSSI tidak melaksanakan surat teguran tertulis ini, pemerintah melalui Menpora akan mengambil tindakan tegas berupa penjatuhan sanksi administratif lebih berat sesuai ketentuan peraturan perundangan.”

Ancaman pembekuan PSSI itu sebelumnya ditegaskan oleh Gatot S. Dewa Broto selaku Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora. “Kami akan menjatuhkan talak yang sesungguhnya berupa pencabutan eksistensi organisasi kepada PSSI. Sejak surat itu diberikan, tidak ada itikad baik PSSI untuk mendatangi Kemenpora,” tukasnya.

Perseteruan antara PSSI dan Kemenpora memang semakin memanas. Kemenpora mendukung keputusan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang memutuskan bahwa Persebaya Surabaya dan Arema Cronus Indonesia tidak boleh ikut kompetisi ISL QNB League 2015 karena masih bermasalah.

Akan tetapi, PSSI dan PT Liga Indonesia selaku pengelola kompetisi tetap ngotot Persebaya dan Arema harus dilibatkan. Bahkan, kedua klub asal Jawa Timur itu nekat menggelar dua laga kandang awal kompetisi ISL QNB League 2015 beberapa waktu lalu.

Advertisements
Kemenpora Ancam Bekukan PSSI | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better