Kemenkominfo Tidak Paksa ISP Blokir DNS Google, Tapi …

Internet

Kabar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang disebut meminta penyedia jasa layanan internet (ISP) memblokir Domain Name System (DNS) memang telah dibantah beberapa waktu lalu. Di situs Kominfo.go.id, satu siaran pers mempertegas bantahan itu.

Informasi yang diturunkan bertajuk ‘Siaran Pers Tentang Penjelasan Kementerian Kominfo terkait Internet Service Provider (ISP) Blokir Google Publik Domain Name System (DNS)’ menjelaskan dengan gamblang duduk perkara yang terjadi. Sangat tidak benar bila Kemenkominfo mengintruksikan meminta ISP memblokir DNS publik milik Google.

“Kementerian Kominfo menyampaikan bahwa berita tersebut tidak benar dan Kementerian Kominfo tidak pernah mengeluarkan kebijakan meminta ISP melakukan pemblokiran terhadap suatu DNS server tertentu baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri,” nukilan siaran pers Kemenkominfo.

Kemenkominfo menjelaskan jika ISP bisa menggunakan DNS server yang dikelola sendiri atau memanfaatkan layanan DNS server yang disediakan pihak lain. Namun, Kemenkominfo berikan catatan khusus.

“Keduanya tetap mengacu kepada penanganan situs internet bermuatan negatif dan memuat sekurang-kurangnya daftar alamat situs yang terdaftar dalam daftar TRUST+positif,” lanjut siaran pers tersebut.

DNS Google adalah DNS publik yang bisa dipakai sebagai alternatif bagi netizen tatkala menjelajah jagat maya. DNS ini dikenal miliki kecepatan sebagai keunggulan namun miliki filter lemah yakni lolosnya situs bermuatan negatif.

Jika membaca kembali siaran pers dari Kemenkominfo, jelas ditulis jika baik DNS ISP maupun DNS pihak lain wajib mengacu pada penangan situs internet bermuatan negatif yang masuk dalam daftar TRUST+positif. Sebagaimana diketahui sebelumnya jika hal tersebut sudah teregulasi dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 19 tahun 2014.

Advertisements
Kemenkominfo Tidak Paksa ISP Blokir DNS Google, Tapi … | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better