Kekurangan Vitamin E Dapat Merusak Otak

vitamin

Vitamin E bukan hanya akan meremajakan sel tubuh yang hasilnya cukup terlihat dari kencangnya kulit. Lebih dari itu, vitamin ini turut mencegah kerusakan pada sel-sel otak. Otak akan terjaga ketajamannya. Jika sampai kekurangan vitamin E yang terjadi yaitu terganggunya jalur suplai nutrisi spesifik dan mengurangi “blok bangunan” di otak yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan syaraf.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa vitamin E diperlukan untuk mencegah kerugian dramatis molekul penting di otak, dan membantu menjelaskan mengapa vitamin E yang dibutuhkan untuk kesehatan otak,” kata pemimpin penulis studi Maret Traber, profesor di Oregon State University di Amerika Serikat, seperti dikutip Times of India.

Hasil ini ditemukan melalui penelitian di laboratorium dengan memanfaatkan ikan zebra. Ikan tersebut dikondisikan kekurangan vitamin E. selama hidupnya. Setelah diamati, ikan tersebut diketahui memiliki kadar asam docosahexaenoic fosfatidilkolin (DHA-PC) yang lebih rendah 30 persen dari jumlah normal. Ikan berusia satu tahun tersebut sepanjang umur diberikan dosis vitamin E setara dengan kebutuhan manusia, hanya saja jumlahnya dikurangi.

DHA-PC adalah bagian dari membran sel di dalam setiap sel otak atau neuron. Saat jumlah DHA-PC tidak terpenuhi asupannya dalam plasma darah, jika dikaitkan pada tubuh seseorang, bisa menjadi pemicu penyakit Alzheimer.

“Anda tidak bisa membangun rumah tanpa bahan yang diperlukan,” kata Traber.

“Dalam arti, jika vitamin E tidak memadai, kita mengurangi lebih dari setengah jumlah bahan yang kita (miliki) untuk membangun dan memelihara otak,” tambahnya.

Penemuan ini dipublikasikan dalam Journal of Lipid Research.

Advertisements
Kekurangan Vitamin E Dapat Merusak Otak | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better