Kecepatan Internet Indonesia Merosot Drastis, Ini Penyebabnya

Internet

Kecepatan internet Indonesia anjlok drastis di kuartal IV 2014. Terjadi penurunan hingga 50% jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Menjadi pertanyaan wajib, apa sesungguhnya yang terjadi. Padahal, Indonesia sudah bersiap terjun ke 4G LTE. Bukankah ini semestinya bisa menggenjot speed yang ada?

Akamai Technologies sebagai perusahaan yang melepas laporan “State of Internet” cukup heran dengan merosotnya speed internet di Tanah Air. Pada kuartal sebelumnya di tahun yang sama, koneksi internet Indonesia mampu menembus 3,7 Mbps. Jika melihat prosentase penuruan yang ada, Indonesia adalah yang terbesar.

“Singapura, China dan Indonesia menurun kecepatan koneksi internet rata-ratanya masing-masing sebesar 4,3%, 9,1% dan 50%,” demikian tulis Akamai.

Kecepatan internet Indonesia hanya 1,9 Mbps dan tertinggal dari India dengan 2 Mbps. Padahal, India adalah negara dengan kecepatan koneksi internet rata-rata rendah di wilayah ini. Akamai juga tidak menduga kecepatan internet Indonesia bisa sampai menurun sedrastis itu. Apa pebabnya?

“Review dari data yang ada mengindikasikan kalau penurunan ini ada hubungannya dengan penurunan koneksi yang signifikan per kuartal dari salah satu penyedia layanan internet terbesar di negeri itu,” tulisnya.

Sebelumnya, Akamai merilis daftar 10 negara dengan speed internet paling ngebut. Berikut 10 negara dengan koneksi kecepatan internet paling cepat di dunia.

  1. Korea Selatan 22,2 Mbps
  2. Hong Kong 16,8 Mbps
  3. Jepang 15,2 Mbps
  4. Swedia 14,6 Mbps
  5. Swiss 14,5 Mbps
  6. Belanda 14,2 Mbps
  7. Latvia 13,0 Mbps
  8. Irlandia 12,7 Mbps
  9. Republik Ceko 12,3 Mbps
  10. Finlandia 12,1 Mbps

Advertisements
Kecepatan Internet Indonesia Merosot Drastis, Ini Penyebabnya | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better