Jumlah Pengguna Internet Indonesia 88 Juta, Cuma Naik 6%

Internet

Jumlah pengguna internet di Indonesia menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) mencapai 88,1 juta jiwa. Angka tersebut adalah jumlah netizen di Tanah Air sepanjang tahun 2014. Angka itu, hanya naik enam persen bila dibandingkan tahun lalu. Pertanyaannya kemudian, mengapa naiknya cukup minim?

APJII mencatat jika jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2013 mencapai 71,2 juta orang. Memang ada kenaikan enam persen yang mana tahun 2014 mencapai 88,1 juta orang. Peningkatkan yang ada, menurut APJii bersasal dari user yang akses dari perangkat mobile.

“Peningkatan ini banyak terjadi dari pengguna yang mengakses internet dari perangkat seluler,” demikian penjelasan Samual A, Ketua Umum APJII.

Jika melihat jumlah pengguna intrenet dari perangkat seluler tahun 2014, angkanya naik 85% jika dibanding tahun sebelumnya yang hanya 65 persen. Meski demikian, menurut Samuel, APJJI mendesak pemerintah untuk memperhatikan pembangunan infrastruktur jaringan kabel.

“Jangan sampai pengakses internet hanya dari seluler nanti, karena kita tahu kecepatan seluler itu terbatas,” sambungnya.

Bagaimana dengan speed? Samuel menambahkan, APJII belum bisa mendata berapa kecepatan rata-rata internet di Indonesia. Alasannya, pengguna internet belum bisa menentukan kecepatan internet mereka.

“Mereka belum bisa membedakan yang mana yang broadband, mana yang enggak. Kalau pakai data ISP, mereka klaimnya angkanya gede-gede, padahal kenyataannya kan tidak begitu,” tandasnya.

Advertisements
Jumlah Pengguna Internet Indonesia 88 Juta, Cuma Naik 6% | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better