Jumlah Pengguna Internet Indonesia 72 Juta Orang, Terbesar di ASEAN

Internet Indonesia

Berapa jumlah pengguna internet di Indonesia? Menurut Managing Director Cisco Indonesia Sancoyo Setiabudi jumlahnya sekitar 71,2 juta orang dan terbesar di ASEAN. Bukan hanya jumlah penduduk Indonesia saja yang besar namun jumlah netizennya pula luar biasa.

Dengan demikian Indonesia membutuhkan banyak ‘polisi internet’ alias orang yang ahli Teknologi Informasi (IT) karena tuntutan zaman yang masif terhubung dengan internet. Pada kenyataannya negara ini masih kekurangan tenaga ahli.

“Terkait sumber daya manusia, dunia IT semakin lama permintaannya semakin tinggi, pada kenyataannya negara kita masih kekurangan ahli IT. Jadi jika ahlinya saja terbatas, bagaimana bisa mewujudkan internet yang baik dan aman,” imbuh Sancoyo.

Dalam satu penelitian, 10 tahun ke depan secara global, zaman yang terhubung dengan internet (internet of everything) bakal hadirkan peluang bisnis yang nilainya sekitar USD Rp 19 triliun. Dengan demikian perlu adanya sumber daya manusia di Indonesia yang miliki kemampuan terkait dunia IT.

Dalam pada itu Cisco Indonesia telah lakukan kerjasama dengan 167 institusi pendidikan yang tersebar di pelosok Nusantara termasuk kawasan Indonesia bagian timur. Program ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia Indonesia terkait dunia IT.

Sancoyo mengatakan jika institusi pendidikan yang inginkan program gratis ini juga wajib sediakan sumber daya terbaik seperti sumber pendidik. Karena, kata dia, program yang baik tanpa adanya pendidik yang mumpuni, juga tidak akan berjalan lancar.

Advertisements
Jumlah Pengguna Internet Indonesia 72 Juta Orang, Terbesar di ASEAN | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better