Juergen Ligi, Menkeu Estonia Mundur Akibat Tulis Komentar Kontroversial di FB

Facebook

Akibat tulis komentar kontroversial di FB, Juergen Ligi harus mundur dari jabatan menteri. Ia adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Estonia. Apa celotehan yang ditulisnya sehingga memaksa Ligi harus melepas jabatan?

Belum lama ini Ligi umumkan melepas jabatannya selepas kehebohan komentar yang ia tulis di Facebook. Komentar itu sendiri dinilai melecehkan Menteri Pendidikan Estonia.

Pada komentar FB yang ia tulis, Ligi yang berasal dari partai Reformis menyebut bila Jevgeni Ossinovski, menteri dari Partai Sosial Demokrat sebagai ‘seorang anak imigran partai merah muda’ pada Kamis pekan lalu.

Ossinovski sendiri adalah satu-satunya anggota kabinet yang berasal dari etnis Rusia. Ligi menulis komentar itu selepas berdebat panas di televisi dengan Menteri Pendidikan itu yang membahas anggaran.

Pada debat itu Ligi mempersoalkan 50 tahun kekuasaan Soviet atas Estonia yang jadi penyebab keterpurukan ekonomi negara tersebut. Ligi sendiri telah meminta maaf atas tulisannya itu yang menuai kritik dan timbulkan ketegangan koalisi.

Pada satu konferensi pers, Ligi mengaku ditekan mundur dari jabatannya. Ia mengatakan karena Estonia lebih penting dari jabatan menteri maka ia memilih resign. Taavi Roivas, Perdana Menteri Estonia menerima pengunduran diri Ligi.

Ia memuji kontribusi Menkeu itu semasa menjabat sebagai menteri terutama saat terjadi krisis ekonomi. Ligi sendiri adalah menteri pertama yang mundur akibat komentar yang ditulis di media sosial.

Advertisements
Juergen Ligi, Menkeu Estonia Mundur Akibat Tulis Komentar Kontroversial di FB | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better